TIPS KECANTIKAN : Patut Diperhatikan! Tips Memilih Kosmetik bagi Wanita

Ilustrasi kosmetik (thesmartmama.com)
27 Juli 2017 22:10 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Tips kecantikan tentang cara memilih kosmetik untuk wanita.

Solopos.com, SOLO – Siapapun pasti tertarik dengan harga murah yang ditawarkan di toko online. Bagi wanita, berbelanja kosmetik di toko online ternyata tidak disarankan.

Dokter klinik kecantikan Erha, Ahmad Haykal membagikan beberapa tips untuk memilih kosmetika yang baik. Pertama, pastikan kosmetik tersebut ada nomor registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kedua, gunakan pelembab sebelum menggunakan kosmetika pada area leher dan bibir. Ketiga, pilihlah kosmetika dasar yang ringan dengan manfaat tambahan seperti broadspectrum, tabir surya, vitamin, dan lainnya. Keempat, gunakan kosmetika dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan.

"Fungsi kosmetika bukan menutupi wajah, tetapi untuk meningkatkan tampilan. Hati-hati dengan kosmetika yang efeknya kelihatan terlalu instan bisa. Efek yang normal adalah sekitar seminggu," ujarnya.

Kelima, pengaplikasian kosmetika yang membutuhkan perawatan harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah tersertifikasi. Contohnya botox dan filler tidak boleh diaplikasikan oleh sembarang orang karena ini tidak hanya berkaitan dengan produk itu sendiri, tetapi juga teknik.

Di samping memilih kosmetika, Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanan kosmetika. Ada beberapa produk kosmetika yang mengandung bahan aktif. Jika disimpan pada suhu ruangan saja, maka akan cenderung lebih cepat rusak. Untuk itu, simpanlah di lemari es agar mempertahankan ketahanan kosmetika.

"Kalaupun produsen kosmetikanya bagus, pada saat krim dibuka tetap saja akan terpengaruh oleh bakteri yang ada di udara bebas. Kalau krim berubah warna, tekstur dan baunya lebih baik tidak digunakan lagi," ucapnya.