TIPS KESEHATAN : Duduk 6 Jam Setiap Hari, Wanita Berisiko Kena Kanker Payudara

Foto ilustrasi: Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko wanita kena kanker payudara. (zeenews.india.com)
28 Juli 2017 09:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini membahas risiko duduk lama terhadap wanita.

Solopos.com, SOLO -- Apakah Anda pekerja kantoran yang lebih sering duduk berjam-jam di balik meja kerja? Bila jawabannya ya, berhati-hatilah!

Sebab berdasarkan penelitian wanita yang duduk lebih dari enam jam per hari berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan kanker ovarium dibandingkan wanita yang duduk kurang dari tiga jam sehari.

Penelitian tersebut menemukan wanita yang duduk selama enam jam atau lebih setiap hari, 37 persen lebih mungkin meninggal selama periode 13 tahun dibandingkan mereka yang duduk selama 3 jam atau kurang setiap hari. Untuk pria, risiko kematian meningkat 17 persen bagi mereka yang duduk setidaknya 6 jam sehari.

Kesimpulan ini didapatkan setelah melakukan analisa terhadap 70.000 pria dan 77.000 wanita dalam American Cancer Society Cancer Prevention Study II Nutrition Survey. Dalam rentang 1992-2009, sekitar 18.000 pria dan 12.000 wanita didiagnosis kanker.

Setelah melakukan analisis mendalam, peneliti tidak menemukan hubungan antara duduk terlalu lama dengan kaum pria. Namun memang pria obesitas yang duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko kena kanker seperti diungkap studi yang dipimpin epidemiolog dari American Cancer Society, Alpa Patel.

"Beberapa faktor dapat menjelaskan hubungan positif antara waktu yang dihabiskan untuk duduk dan tingkat kematian yang lebih tinggi semua penyebab," kata Patel.

Patel menjelaskan ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan hubungan positif antara lama duduk dengan tingkat kematian tinggi.

"Waktu duduk berkepanjangan minim aktivitas fisik telah terbukti memengaruhi metabolisme, dan dapat mempengaruhi hal-hal seperti trigliserida, lipoprotein tinggi, kolesterol, glukosa, obesitas dan kardiovaskular, dan penyakit kronis lainnya," terang Patel dikutip Live Science, belum lama ini.

Besarnya bahaya duduk terlalu lama dalam kehidupan sehari-hari Patel menyarankan wanita pekerja untuk aktif berdiri dalam berbagai kesempatan.