INFO HIDUP SEHAT : Teknik Masak Nasi Ini Bikin Kalori Berkurang

Ilustrasi nasi putih rendah kalori (Boldsky.com)
15 Agustus 2017 23:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang cara memasak yang membuat kalori dalam nasi berkurang.


Solopos.com, SOLO – Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok, khususnya bagi orang Indonesia. Sayangnya, kandungan gula yang cukup tinggi pada nasi membuat banyak orang khawatir saat hendak mengonsumsinya. Banyak orang berpikir makan nasi dalam jumlah banyak membuat seseorang mengalami obesitas hingga diabetes.

Kandungan karbohidrat dan glukosa yang tinggi memang membuat seseorang yang mengonsumsi nasi dalam jumlah berlebih rentan obesitas dan diabetes. Oleh sebab itu, banyak orang memilih diet membatasi jumlah nasi yang dikonsumsi.


Tapi hasil penelitian terbaru dari Sri Lanka menemukan cara memasak nasi yang tepat agar bagi Anda yang gemar menyantapnya tanpa perlu khawatir. Ternyata ada cara mudah memasak beras agar menjadi nasi yang rendah kalori. Penasaran?


Dilansir Boldsky, Selasa (15/8/2017), Anda hanya perlu menambahkan satu sendok makan minyak kelapa dalam satu gelas beras yang sudah dicuci dan tambahkan air secukupnya. Masak beras selama 20 menit sampai matang menggunakan kukusan maupun rice cooker. Setelah matang, simpan nasi di kulkas selama 12 jam.


Keluarkan nasi dari kulkas saat hendak disantap. Cara itu akan membuat kalori dalam nasi berkurang sampai 50 persen. Campuran minyak kelapa dalam nasi itu berfungsi mengurangi lonjakan gula darah secara tiba-tiba.


Sementara proses pendinginan sangat penting mengubah zat tepung dalam nasi menjadi lebih mudah dicerna. Sebab, zat tepung pada nasi hangat cenderung lebih sulit dicerna dalam proses metabolisme yang membuat lemak tubuh meningkat.


Mengonsumsi nasi yang dimasak dengan cara itu diklaim mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, zat tepung pada nasi bekerja seperti prebiotik yang meningatkan sistem imun. Nah, ini adalah cara memasak yang harus dilakukan untuk penggemar nasi yang ingin bebas dari penyakit. Selamat mencoba.