INFO HIDUP SEHAT : Hati-Hati! 4 Kebiasaan Ini Bikin Varises di Kaki

Ilustrasi varises di kaki (Everydayhealth.com)
19 Agustus 2017 00:10 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang empat kebiasaan yang menyebabkan varises di kaki.


Solopos.com, SOLO – Pelebaran pembuluh darah yang terletak di bawah permukaan kulit kaki alias varises memang berbahaya. Selain tak sedap dipandang, varises umumnya menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada kaki. Rasa nyeri ini kadang membuat Anda sangat kesakitan jika varises sudah parah.

Oleh sebab itulah varises dianggap sebagai masalah serius yang harus segera ditangani. Tapi, varises tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pelebaran pembuluh vena itu. Nah, tahukah Anda apa saja yang menyebabkan varises? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Jumat (18/8/2017) di bawah ini:


Pakai sepatu hak tinggi


Memakai sepatu hak tinggi memang membuat wanita terlihat lebih anggun dan seksi. Namun, kebiasaan itu juga menimbulkan sederet masalah kesehatan, salah satunya varises. Memakai sepatu hak tinggi membuat aliran darah di betis tidak lancar, hingga menyebabkan varises. Sebaiknya, batasilah penggunaan sepatu hak tinggi, maksimal dua jam dalam sehari.


Duduk menyilangkan kaki


Duduk menyilangkan kaki dalam waktu lama juga bisa menimbulkan varises. Sebab, posisi itu memberikan tekanan di pinggul yang membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan semakin buruk jika Anda memakai sepatu hak tinggi. Bukan hanya pegal, lama-kelamaan akan ada pembuluh darah yang menonjol di kaki Anda.


Berdiri lama


Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda berdiri dalam waktu lama juga menyebabkan varises. Sebab, saat berdiri kaki akan menopang seluruh bobot tubuh. Hal ini menyebabkan darah berkumpul di satu titik yang membuat pembuluh darah melebar. Sebagai solusinya, gantilah posisi berdiri minimal 10 menit sekali. Majukan salah satu kaki secara bergantian untuk menopang bobot tubuh dan mencegah timbulnya varises.


Mengonsumsi banyak garam


Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam ternyata juga menimbulkan varises. Kadar garam yang terlalu tinggi menyebabkan retensi air di tubuh. Jika dibiarkan, hal ini meningkatkan tekanan di pembuluh darah yang menyebabkan varises.


Tokopedia