TIPS KECANTIKAN : Ladies, Ini Dia Penyebab "Mata Panda"

Foto ilustrasi: Bukan hanya kurang tidur penyebab munculnya "mata panda". (timefornaturalhealthcare.com)
23 Agustus 2017 07:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kecantikan kali ini membahas pemicu munculnya lingkaran hitam di sekitar mata.

Solopos.com, SOLO- Ladies, apakah Anda mempunyai lingkaran hitam di sekitar mata? Tenang, Anda tidak sendirian. Kondisi seperti ini, atau biasanya disebut dengan ”mata panda”, merupakan masalah mata yang paling sering ditemui.

”Mata panda” ini sering kali dikaitkan dengan kurang tidur. Namun, ternyata tak hanya itu penyebab munculnya ”mata panda”. Inilah beberapa penyebab munculnya mata panda seperti yang dilansir dari europeanbedding.sg, belum lama ini:

Kurang Tidur
Kurang tidur adalah alasan munculnya lingkaran di bawah mata. Tak peduli berapa pun usia Anda, jika kondisi mata Anda semakin buruk karena kebiasaan kurang tidur ini, Anda harus mulai mengubah pola tidur Anda.

Tidurlah sedikit lebih banyak. Usahakan pula untuk mendapatkan kenyamanan ketika tidur.

Pigmen di Area Kulit Mata
Kelebihan pigmen (zat warna) pada area di bawah mata dan sekitar mata merupakan salah satu penyebab munculnya mata panda. Ini merupakan hal yang normal, bukan merupakan masalah medis. Meskipun seperti ini, banyak yang menganggap mata panda ini cukup mengganggu.

Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar Matahari juga salah satu penyebab mata panda. Hal ini paling sering menyebabkan timbulnya keriput. Keriput ini lah yang memberikan kesan efek kulit mata terlihat lebih gelap

Gangguan Medis
Gangguan medis yang sedang dialami dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. ”Mata panda” ini merupakan efek dari sebuah penyakit. Gangguan pada ginjal dan tiroid merupakan salah satu biang keladinya

Penuaan
Untuk usia 20 tahun ke atas, penuaan merupakan faktor alami yang menyebabkan munculnya ”mata panda”. Ini bisa terjadi karena dua hal. Pertama, lekukan-lekukan pada bagian bawah mata dapat memberikan kesan gelap pada kulit.

Sementara itu, semakin menipisnya kulit di bawah mata menyebabkan pembuluh darah semakin terlihat dengan jelas dan menyebabkan kantung mata terlihat lebih gelap. Dengan begitu, muncullah kantung mata.