TIPS KEUANGAN : 5 Cara Cerdas Mengatur Biaya Renovasi Rumah Tanpa Kuras Kantong

Ilustrasi renovasi rumah (Pinterest)
25 Agustus 2017 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips keuangan kali ini tentang lima cara cerdas merenovasi rumah tanpa menguras kantong.

Solopos.com, SOLO – Merenovasi rumah tentu membutuhkan biaya yang besar. Seseorang biasanya rela menggelontorkan sejumlah uang demi menempati hunian yang nyaman. Tapi nyatanya, masih banyak orang memilih menunda merenovasi rumah dengan alasan biaya yang mahal.

Padahal, Anda bisa membuat https://www.cekaja.com/info/tak-perlu-khawatir-mahal-inilah-8-cara-membuat-biaya-renovasi-rumah-jadi-murah">biaya renovasi rumah menjadi lebih murah. Merombak rumah tentu membutuhkan persiapan matang, mulai dari merancang konsep hingga anggaran yang dibutuhkan. Semakin heboh konsep yang dibuat, maka semakin tinggi pula biaya yang harus disiapkan.

Tapi, Anda yang memiliki dana pas-pasan tak perlu khawatir. Anda tetap bisa menyulap griya secara maksimal dengan cara sederhana. Berikut cara meminimalkan biaya renovasi rumah yang dihimpun Solopos.com dari The Spurce, Selasa (22/8/2017):

Tentukan waktu

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merenovasi rumah adalah menentukan waktu. Anda harus mempertimbangkan kondisi cuaca saat hendak merombak rumah. Sebaiknya, jangan merenovasi saat musim hujan. Sebab, udara lembap dan cuaca yang tak menentu membuat pekerjaan ini memakan banyak waktu. Sebaliknya, lakukan renovasi saat musim kemarau agar cepat selesai. Semakin lama waktu pengerjaan, maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tenaga tukang.

Pilih kontraktor terpercaya

Setelah menentukan waktu, Anda harus memilih jasa kontraktor yang terpercaya. Saat ini, kebanyakan orang memang lebih memilih mempercayakan urusan biaya renovasi rumah kepada para kontraktor. Sebab, para kontraktor menawarkan harga lebih murah dengan waktu pengerjaan yang lebih cepat.

Tapi, Anda tetap harus pintar-pintar memilih jasa kontraktor yang hendak dipakai. Jangan sampai karena harga murah hasil renovasi tidak sesuai dengan harapan. Bisa saja mereka memakai material  murah dan tidakhttps://www.cekaja.com/"> Cekaja.com awet yang membuat rumah cepat usang.

Buat skala prioritas

Tak perlu semua bagian dirombak. Anda hanya perlu memperbaiki bagian rumah yang rusak parah. Sementara yang masih kokoh hanya perlu sedikit dipoles agar terlihat lebih baik. Cara ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran.

Pakai barang lama

Kebanyakan orang biasanya membuang barang-barang lama dan mengganti dengan yang baru untuk mengisi rumah yang telah direnovasi. Tak ada salahnya memang. Tapi, jika dana Anda pas-pasan, sebaiknya manfaatkanlah barang-barang lama tersebut. Pilah barang mana yang masih layak pakai dan tidak sebelum dibuang atau dijual.

Hitung rencana pengeluaran

Setelah semua persiapan di atas selesai, kini tiba saatnya menghitung rencana anggaran yang dikeluarkan. Hitung semuanya dengan detail dan siapkan biaya tambahan untuk mengantisipasi hal-hal mendesak yang sangat penting. Pertimbangkan segala sesuatunya dengan baik sebelum memutuskan merombak rumah. Jika dana yang ada belum mencukupi, Anda bisa mengajukan pinjaman online, salah satunya di.

Cekaja.com akan membantu mengatasi masalah keuangan Anda dengan cepat dan mudah. Lewat situs ini, Anda bisa menemukan berbagai lembaga keuangan yang menawarkan https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan">kredit tanpa agunan dengan mudah. Tak perlu repot datang ke kantor penyedia kredit, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan cepat. Tunggu apalagi, butuh pinjaman? Ingat Cekaja.com.

 

 

Tokopedia