Busana Asmaradana Karya Desainer Solo Jadi Langganan Selebritas Ibu Kota

Perancang busana Febrian Syach (dua dari kanan) bersama model yang mengenakan karyanya. (Istimewa - dokumentasi Febrian Syach)
29 Agustus 2017 14:51 WIB Ika Yuniati Lifestyle Share :

Asmaradana Fashion Designer merupakan brand asal Solo yang menjadi langganan sejumlah artis ibu kota.

Solopos.com, SOLO--Berdiri 2012 lalu brand fashion asal Solo Asmaradana Fashion Designer mulai dikenal publik. Bahkan tahun pertama dirilis mereka sudah diberondong pesanan para selebritas. Dimulai dari artis lokal Solo dan Jawa Tengah hingga konsisten mengirim busana ke Ibu Kota. Sejumlah penyanyi, desainer, hingga pemain film Jakarta menggunakan koleksi Asmaradana Fashion Designer. Mereka di antaranya Siti Badriah, Andika Pratama, Irvan Hakim, dan Ivan Gunawan.

Asmaradana Fashion Desainer dirintis oleh tiga desainer bersaudara muda Kota Solo Febrian Syach, Endika Abimanyu, dan Surya. Febrian yang dikenal sebagai front line Asmaradana mengatakan selebriti ibu kota yang pertama kali memesan rancangannya adalah Soimah. Setelah itu berkembang hingga ke sejumlah penyanyi dan pesinetron lain. Bahkan sampai saat ini mereka terus menjalin kerja sama dengan sejumlah stasiun televisi swasta.

Febrian saat diwawancara Solopos.com, Kamis (24/8/2017), mengatakan selama memenuhi pesanan tak pernah bertemu langsung. Mereka biasanya hanya mendapatkan daftar ukuran busana oleh pihak wardrobe, setelah itu pesanan busana dibuat di Solo. Setiap satu pesanan busana perempuan bisa diselesaikan minimal tiga hari. Sementara hem laki-laki bisa diselesaikan minimal sehari. “Kalau soal bikin bajunya biasanya tiga hari selesai. Kalau cowok bisa dikejar sih sehari biasanya bisa jadi,”
kata dia.

Mengangkat tema Get The Fashion, Keep The Culture, semua rancangannya hasil perpaduan desain batik lawasan Solo - Jogja dengan nuansa etnik.

Febrian mengatakan konsep klasik tersebut sengaja ditonjolkan untuk mengangkat motif batik dasar yang menurutnya mulai ditinggalkan. Beberapa artis memilih desain sendiri, namun tak sedikit yang menyerahkan semua rancangan hingga detail motif kepadanya.

Selain motif lawasan, mereka juga mengembangkan rancangan di beberapa desain baru. Salah satunya batik motif flora yang ia aplikasikan dalam dress panjang berbentuk duyung. Gaun malam berwarna dasar hitam dengan ekor oranye tersebut terlihat pas dibadan pedangdut Siti Badriah. Dalam unggahan instagram Febrian @Febrian_syach, busana tersebut dikenaan Siti saat menghadiri perayaan HUT ANTV tahun lalu.

“Saking seringnya membuat kemeja. Sekarang malah kami identik dengan kemeja pria. Bulan September nanti desain pria kami juga menjadi official designer event nasional yaitu Manhunt Indonesia 2017 di Jakarta,” kata dia.

 

Tokopedia