IDULADHA 2017 : Keistimewaan Puasa Arafah 9 Zulhijah

29 Agustus 2017 19:45 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Ada beberapa keistimewaan puasa Arafah 9 Zulhijah sebelum Iduladha.

Solopos.com, SOLO - Dalam bulan Zulhijah terdapat puasa sunah yang sangat dianjurkan oleh syara' karena banyak hadis yang menyebutkan keutamaannya, yaitu puasa Arafah. Puasa Arafah dilaksanakan pada hari ke-9 bulan Zulhijah bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Keistimewaan puasa di hari Arafah bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji sangat besar. Sebagaimana keterangan hadis riwayat Abi Qatadah puasa Arafah selain mendapatkan pahala ittiba'us sunah (mengikuti sunah Rasulullah) keutamaan lain adalah bisa melebur dosa-dosa yang telah lalu selama setahun penuh, dan setahun yang akan datang.

Dikutip Solopos.com dari Nu.or.id, Selasa (29/8/2017), Imam Al-Mawardi dalam kitabnya Al-Hawi Al-Kabir memberi penjelasan tentang yang dimaksud dengan terleburnya dosa-dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang. Ada dua kemungkinan terkait hal ini, pertama seseorang yang menjalankan puasa hari Arafah akan mendapatkan keutamaan terlebur dosanya yang lalu selama setahun penuh dan dosa setahun yang akan datang. Kedua, Allah menjaga orang tersebut dari perbuatan buruk pada kedua tahun tersebut.