TIPS DIET : 4 Cara Mudah Turunkan Bobot Tubuh Sampai 5 Kg Sebulan

Ilustrasi latihan angkat beban (Youtube)
03 September 2017 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips diet kali ini tentang empat cara mudah menurunkan bobot tubuh sampai lima kilogram dalam sebulan.

Solopos.com, SOLO – Berat badan berlebih menyebabkan seseorang rentan penyakit. Mulai dari sakit kepala, nyeri sendi, hingga serangan jantung. Itulah sebabnya kebanyakan orang melakukan diet guna mengurangi bobot tubuh mereka.

Sayangnya, tak semua orang berhasil menurunkan bobot tubuh dengan cara diet. Pasalnya, kebanyakan metode diet yang ada biasanya cenderung menyiksa. Hal itulah yang membuat beberapa orang tak sanggup menjalankannya dalam waktu lama.

Tapi, jangan khawatir. Ada cara mudah untuk mengurangi bobot tubuh hingga lima kilogram dalam sebulan tanpa perlu menyiksa diri. Anda hanya perlu menghilangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Lantas, apa saja langkah mudah yang ampuh menurunkan bobot tubuh? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Men's Fitness, Sabtu (2/9/2017) berikut ini:

Kurangi konsumsi gula

Gula adalah salah satu pemicu naiknya berat badan. Oleh sebab itu, Anda harus membatasi jumlah gula yang dikonsumsi, baik yang utuh maupun terkandung dalam makanan. Salah satu makanan yang mengandung banyak gula adalah nasi. Jika sedang diet, sebaiknya batasi jumlah nasi yang dikonsumsi dan gantilah dengan makanan lain seperti kentang atau singkong.

Kurangi konsumsi daging

Terlalu banyak mengonsumsi daging, khususnya ayam dan sapi ternyata tidak baik untuk tubuh. Daging sapi mengandung banyak lemak dan protein yang sulit dicerna, sehingga akan menumpuk di tubuh dalam waktu lama. Sementara daging ayam broiler sebenarnya tidak baik dikonsumsi setiap hari.

Pasalnya, ayam tersebut biasanya disuntik vaksin penggemuk agar tumbuh lebih cepat. Vaksin penggemuk ini akan terserap dalam daging ayam dan termakan oleh manusia. Efeknya, orang yang mengonsumsi ayam ini secara berlebih akan mengalami kenaikan bobot tubuh.

Jalan kaki

Membiasakan diri berjalan kaki sangat baik untuk menurunkan bobot tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Nah, bagi Anda yang ingin bobot tubuh berkurang dengan cepat sebaiknya perbanyaklah berjalan kaki, terutama setelah makan.

Latihan angkat beban

Kebanyakan orang, khususnya wanita takut berlatih angkat beban. Mereka mengira mengangkat beban akan membuat otot kekar. Padahal, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Mengangkat beban memang akan menambah massa otot. Namun, hal itu tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Butuh ketekukan dan kesabaran dalam berlatih jika ingin memiliki badan yang kekar.

Latihan angkat beban minimal 15 menit sehari bisa membantu menurunkan bobot tubuh. Selain itu, latihan ini bermanfaat meningkatkan sistem metabolisme tubuh secara signifikan. Menurunkan beray badan sebenarnya mudah, hanya Anda hanya perlu tegas pada diri dan konsisten menjalankan pola hidup sehat. Selamat mencoba.