TIPS KELUARGA : Ingin Adakan Arisan Keluarga? Perhatikan Rambu-Rambunya

Foto ilustrasi: HIndari bergosip saat mengadakan arisan. (huffingtonpost.co.uk)
04 September 2017 04:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips keluarga kali ini membahas acara arisan agar efektif.

Solopos.com, SOLO -- Tidak sedikit wanita mengikuti kegiatan arisan baik di tingkat RT, keluarga besar, hingga di tempat kerja. Nah, agar acara arisan keluarga berjalan nyaman dan tetap membawa manfaat, ada beberapa tips yang bisa diikuti seperti dikutip dari tulis mommiesdaily.com, belum lama ini.

Jangan paksakan jumlah uang arisan yang disetor

Ingat, arisan ini tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan, bukan untuk mengumpulkan uang. Tentukan periodenya. Jika terlalu pendek periodenya, arisan jadi kurang greget dan biasanya malah lebih besar kemungkinannya untuk tidak hadir.

Pilih lokasi yang netral. Lihat kondisi atau letak tempat tinggal keluarga

Usahakan tidak merepotkan peraih arisan. Jika anggota keluarga tidak terlalu banyak, bisa diadakan di rumah. Tapi jika jumlahnya banyak, acara bisa diselenggarakan di tempat yang disepakati, misalnya di rumah makan, taman dan sebagainya. Mengingat tidak semua anggota keluarga memiliki rumah yang luas untuk menampung semua anggota keluarga.

Selain uang arisan yang disetor, ada baiknya juga memiliki uang kas

Uang kas ini dikumpulkan bersamaan uang arisan. Uang ini biasanya nominalnya tidak banyak agar tidak memberatkan. Fungsinya untuk sewaktu-waktu ada anggota keluarga yang sakit dan butuh dibantu atau di akhir arisan biasanya digunakan untuk piknik keluarga besar.

Siapkan acara untuk anak-anak agar anak tetap punya kegiatan saat para orang tua sedang mengadakan arisan

Jika memungkinkan ada tim kreatif dari salah satu keluarga yang membuat acara khusus sehingga arisan lebih seru dan tidak membosankan.

Hindari membicarakan saudara sendiri dalam pengertian negatif, karena bagaimanapun mereka adalah saudara

Bicarakan hal-hal positif yang dapat mengembangkan keluarga ke depan seperti peluang bisnis keluarga, membantu keluarga yang kekurangan, mendoakan keluarga dan sebagainya.

Tokopedia