TIPS DIET : Hati-Hati! Ini 5 Hal Buruk Pangkas Porsi Makan

Ilustrasi sembelit (Boldsky.com)
05 September 2017 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips diet kali ini tentang lima hal buruk yang terjadi jika memangkas porsi makan.


Solopos.com, SOLO – Mengurangi porsi makan memang cukup ampuh menurunkan bobot tubuh. Oleh sebab itu, banyak pelaku diet yang memilih memangkas asupan makanan demi mempercepat penurunan bobot tubuh. Meski cukup ampuh, namun cara ini memiliki efek buruk bagi tubuh.

Melakukan diet ekstrem dengan mengurangi asupan makanan bukanlah cara yang baik. Beberapa pelaku diet biasanya menghindari makanan berkalori dan berlemak tinggi agar bobot tubuh segera turun. Sayangnya, hal itu justru akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.


Mau tahu, apa yang terjadi jika tubuh kekurangan makanan? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (4/9/2017), di bawah ini:


Gula darah tidak stabil


Kekurangan nutrisi membuat kadar gula darah dalam tubuh tidak stabil. Padahal, tubuh membutuhkan pasokan glukosa agar tetap bugar. Sedangkan mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit membuat tubuh kekurangan glukosa yang menyebabkan penurunan gula darah secara drastis. Hal ini mengakibatkan tubuh terasa lemas, sakit kepala, dan konsentrasi menurun. Dalam jangka panjang, hal ini menyebabkan penyakit jantung.


Gangguan pencernaan


Semua makanan yang dikonsumsi akan diproses di lambung. Nutrisi pada makanan akan diserap oleh tubuh, sementara sisanya dibuang lewat anus. Tapi, saat sedang diet, Anda bisanya akan merasa kelaparan karena kekurangan nutrisi. Alih-alih kurus, Anda justru akan mengalami gangguan pencernaan.


Insomnia


Diet ekstrem membuat seseorang sulit tidur. Pasalnya, tubuh akan sibuk membakar lemak sebagai energi yang butuh waktu lama. Selama kelaparan, tubuh akan menghasilkan hormon adrenalin dalam jumlah berlebih. Padahal, hormon ini membuat otak lebih waspada yang menjadikan indera lebih sensitif. Inilah sebabnya Anda akan mengalami kesulitan tidur jika perut terasa lapar.


Rambut rontok


Rambut membutuhkan asupan protein dan kalsium agar tumbuh dengan baik. Jika Anda memangkas makanan yang dikonsumsi, maka kandungan protein dan kalsium tubuh tentu tidak akan tercukupi. Akhirnya, folikel rambut akan mengendur dan menyebabkan kerontokan.


Mudah marah


Orang yang lapar cenderung lebih mudah marah. Mengapa demikian? Rasa lapar ternyata memengaruhi kadar hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang memberi perasaan nyaman. Jika sedang lapar, maka Anda tentu merasa tidak tenang dan mudah marah.