TIPS KESEHATAN : Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Foto ilustrasi: Salah satu cara mudah menghilangkan nyeri haid adalah mengompres dengan air hangat. (Youtube.com)
14 September 2017 00:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini membahas cara meredakan nyeri haid dengan cara alami.

Solopos.com, SOLO -- Tak sedikit wanita merasakan nyeri saat menstruasi. Apakah Anda salah satunya? Bila jawabannya ya, Anda tak sendiri.  Rasa nyeri yang dirasakan setiap wanita kadarnya berbeda-beda.

Tak sedikit wanita merasakan nyeri yang berlebihan sehingga sangat mengganggu aktivitas. Bahkan, tak sedikit wanita yang tak bisa beraktivitas.

Berikut ini, ada 10 langkah mudah untuk meredakan nyeri haid. Anda dapat memilih salah satu di antaranya. Seperti dikutip Allowomenstalk , belum lama ini, berikut ini 10 langkah tersebut :

Kompres menggunakan botol air hangat atau bantal pemanas, tempatkan pada perut bagian bawah. Hal ini dapat mengurangi rasa nyeri di perut Anda.

Minum jus wortel. Alternatif lain, Anda juga dapat atau mengonsumsinya mentah. Wortel dipercaya dapat melancarkan aliran darah pada saat menstruasi.

Latihan aerobik. Hal ini dapat meningkatkan hormon endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami.

Mengonsumsi ikan sarden, makarel, salmon yang dapat membantu mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Hindari pakaian super ketat. Saat menstruasi, perut membutuhkan ruang untuk mencegah kram. Ucapkan selamat tinggal pada ikat pinggang juga.

Minum banyak air. Tetap terhidrasi adalah kunci penting saat menstruasi. Minum banyak air juga akan mengurangi kembung dan nyeri.

Kurangi konsumsi garam. Bersantai di pemandian air hangat. Minum teh chamomile.

Tambahkan kayu manis pada makanan atau minuman Anda. Kayu manis mengandung jumlah tinggi mangan dan antiinflmasi yang dapat membantu meringankan nyeri haid.