TIPS KECANTIKAN: Ini Dia 7 Fakta Lipstik yang Harus Diketahui

Foto ilustrasi: Ada banyak fakta tentang lipstik yang belum diketahui wanita. (beauty.ankaperla.com)
21 Oktober 2017 01:00 WIB Astrid Prihatini Wisnu Dewi Lifestyle Share :

Tips kecantikan kali ini membahas tentang lipstik.

Solopos.com, SOLO -- Bagi wanita, lipstik merupakan salah satu perlengkapan rias yang wajib dimiliki. Ada sebuah penelitian ilmiah yang menyebutkan lipstik dapat membuat pemakainya merasa lebih percaya diri. Namun tak banyak wanita mengetahui beberapa fakta mengejutkan tentang lipstik. Apa sajakah itu?

Dikutip dari thelist.com, Selasa (3/10/2017), berikut ini adalah beberapa fakta di balik lipstik yang belum banyak diketahui. Apa saja?

Dapat mengeringkan bibir
Jika Anda memiliki jenis kulit kering, lipstik bukan teman baik untuk bibir. Bahan kimia dalam lipstik dapat menarik kelembapan dari bibir sensitif dan membuatnya pecah-pecah.

Menggunakan lipstik 24 jam sehari, terutama lipstik berkualitas rendah dapat menghilangkan kelembapan bibir. Jika bibir Anda pecah-pecah, sebaiknya gunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik.

Buruk bagi Anda dan lingkungan
Ini tergantung pada kandungan bahan kimia di dalam lipstik yang Anda gunakan. Jika itu buruk bagi Anda, bagaimana lipstik tersebut berpengaruh terhadap lingkungan?

Usahakan untuk selalu membaca kandungan yang terdapat pada lipstik Anda. Coba perhatikan, ketika Anda membersihkan makeup dan mencuci muka, ada partikel kecil dari plastik yang akhirnya mengendap ke sumber air dan mencemari lautan.

Mengandung timbal
Menurut penelitian, ada beberapa produk lipstik yang mengandung timbal, racun nerotoksin berakibat berbahaya pada sistem saraf. Tidak hanya itu, banyak juga lipstik yang mengandung logam berat, seperti timbal, kadmium, mangan, dan aluminium yang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Lipstik pertama dibuat dari batu pertama yang hancur
Lipstik telah ada selama berabad-abad lamanya dan dimulai dari batu permata. Berasal sejak 5.000 SM sampai Mesopotamia kuno di mana para wanita menggunakan batu permata yang dihancurkan untuk mewarnai bibir mereka.
Cleopatra dikenal sebagai orang yang terampil meracik warna lisptik dari serangga, rumput laut, dan sisik ikan.

Two toned lips adalah tren baru
Ya, saat ini tren kecantikan sedang dipenuhi dengan two toned lips. Banyak orang mulai berani menggunakan dua warna berbeda satu di atas dan satu di bawah, secara terpisah.

Wanita cenderung lebih banyak membeli lipstik
Sebuah studi di Journal of Personality and Social Psychology menemukan wanita cenderung tidak menghabiskan uang mereka pada peralatan elektronik atau rumah tangga, namun lebih pada membeli makeup.

Tidak mempengaruhi penampilan Anda
Sebuah studi di International Journal of Cosmetic Science meneliti persepsi tentang daya tarik. Sebagian besar partisipan menyatakan wanita yang mengenakan riasan penuh lebih menarik daripada mereka yang tidak mengenakan apa pun, namun hanya pada bagian mata.

Secara mengejutkan, lipstik justru tidak mempengaruhi persepsi orang terhadap penampilan seseorang. Menarik, bukan? (JIBI)

Tokopedia