TIPS KESEHATAN : Jangan Pernah Panaskan Ulang Makanan Ini

23 Oktober 2017 23:45 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Tips kesehatan memberikan informasi makanan yang tidak seharusnya dipanaskan ulang.

Solopos.com, SOLO – Memanaskan kembali adalah salah satu cara agar makanan terlihat lebih fresh. Makan makanan saat panas atau hangat juga menambah akan cita rasa ketimbang mengonsumsinya dalam keadaaan dingin.

Berbagai alasan itulah yang membuat banyak orang sering memanaskan kembali makanan yang dingin. Tapi tahukah Anda, ada beberapa makanan yang tidak seharusnya dipanaskan kembali karena berdampak buruk bagi kesehatan.

Dilansir dari Times of India, Senin (23/10/2017) berikut makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang:

Nasi

Beras mengandung spora yang berubah menjadi bakteri yang bisa bertahan bahkan setelah nasi dimasak. Bila nasi matang dibiarkan pada suhu kamar lalu dipanaskan kembali, bakteri bisa berlipat ganda hingga menyebabkan diare dan muntah.

Kentang
Kentang mengandung nurisi tinggi. Kentang akan kehilangan nutrisi yang diperlukan tubuh jika dipanaskan kembali. Jika dibiarkan berada di suhu kamar dan dipanaskan kembali, bakteri ddalam kentang akan meningkat dan menyebabkan keracunan.

Jamur

Jamur kaya akan protein yang dapat berubah strukturnya jika dipanaskan ulang. Mengonsumsi jamur yang dipanaskan ulang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan sakit perut.

Telur

Memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat mengganggu proses penyerapan bagi tubuh.

Ayam

Tingkat protein tinggi yang terkandung dalam ayam berdampak negatif bagi tubuh jika dipanaskan kembali. Ayam yang dipanaskan ulang dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius karena mengubah struktur protein.

Tokopedia