INFO HIDUP SEHAT : 5 Manfaat Luar Biasa Srikaya Bagi Tubuh

Ilustrasi srikaya (Boldsky)
17 November 2017 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang lima manfaat luar biasa srikaya bagi tubuh.

Solopos.com, SOLO – Srikaya merupakan salah satu buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Sayangnya, buah berwarna hijau dengan daging berwarna putih yang berasa manis dan legit sering dianggap dianggap sebelah mata. Padahal, buah yang satu ini kaya akan zat besi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, srikaya kaya akan antioksidan dan vitamin C yang menangkal radikal bebas. Srikaya juga kaya akan sukrosa, zat gula alami yang baik bagi tubuh. Buah ini biasanya dikonsumsi langsung sebagai camilan atau makanan pencuci mulut. Bukan hanya buahnya, daun srikaya ternyata memiliki berbagai manfaat, yakni mengobati sakit gigi hingga kanker.

Sebenarnya, apa sajakah manfaat dari srikaya bagi kesehatan? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (16/11/2017), di bawah ini:

Menyembuhkan asma

Kandungan vitamin B6 yang tinggi di srikaya membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Inilah yang membuat Anda terbebas dari penyakit asma.

Menurunkan bobot tubuh

Srikaya mengandung sumber energi yang baik bagi tubuh dan menjaga kekuatan otot. Buah yang satu ini mengandung kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Tapi, jangan mengonsumsi dalam jumlah berlebih jika tidak ingin bertambah gemuk.

Mencegah serangan jantung

Makanan cepat saji dapat memicu penyakit kardiovaskuler. Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengonsumsi buah-buahan, salah satunya srikaya. Buah yang satu ini kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, potasium, dan magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah dan memelihara kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Bukan cuma wortel, kandungan vitamin A dan C yang berlimpah pada srikaya membuat buah yang satu ini baik untuk kesehatan mata. Nah, bagi yang tidak suka wortel bisa memilih srikaya sebagai alternatif pengganti.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada srikaya sangat ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi satu buah srikaya setiap hari akan membuat tubuh kebal dari berbagai penyakit. Jika tak suka dimakan langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie.

 

Tokopedia