TIPS KESEHATAN : Begini Cara Mengatasi Biduran Tanpa Obat

Ilustrasi biduran (Youtube)
16 Desember 2017 17:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kesehatan tentang cara mengatasi biduran tanpa obat.

Solopos.com, SOLO – Perubahan cuaca memang terkadang menimbulkan beragam reaksi pada tubuh, salah satunya kulit. Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Inilah yang membuat kulit rentan terkena beragam penyakit, salah satunya biduran.

Biduran adalah salah satu penyakit kulit yang dalam istilah medis biasa disebut urikaria. Kulit seseorang yang terkena penyakit ini biasanya muncul ruam disertai rasa gatal dan panas. Dalam kondisi terparah, ruam ini bisa terasa perih. Ada banyak faktor yang menyebabkan biduran, mulai dari perubahan cuaca, olahraga berlebihan, alergi debu, makanan, hingga stres.

Biduran yang terjadi akibat pengaruh perubahan cuaca biasanya dialami orang yang tingkat ketahanan tubuhnya rendah. Selain itu, biduran juga dipicu beberapa makanan tertentu. Makanan yang paling sering memicu biduran adalah yang tinggi protein, seperti ikan, telur, dan keju.

Tak melulu soal makanan, stres ternyata juga memicu biduran. Tekanan pada pikiran menyebabkan perubahan hormon yang membuat tubuh bereaksi dengan memunculkan ruam di kulit. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda mengonsumsi makanan tinggi protein.

Uraian di atas merupakan beberapa hal yang menyebabkan biduran. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika mendadak mengalami biduran. Tak perlu terburu-buru mengonsumsi obat, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Mau tahu caranya? Simak uraian yang dihimpun Solopos.com dari Mayo Clinic, Jumat (15/12/2017), di bawah ini:

--Minum rebusan air daun sirih
Anda bisa mengatasi biduran dengan meminum air rebusan daun sirih. Daun sirih merupakan bahan alami yang ampuh membersihkan organ dalam tubuh. Caranya, rebus 20 lembar daun sirih segar dengan empat gelas air. Saring dan minum air rebusan tersebut setengah gelas. Kemudian, usapkan air rebusan itu ke kulit yang terserang biduran.

--Menaburkan bedak
Jika Anda kesulitan menemukan daun sirih, maka taburkan bedak pada kulit yang terserang biduran. Pilih bedak khusus untuk mengatasi gatal. Jika tidak ada, Anda juga bisa memakai bedak bayi. Formula pada bedak ini mampu menghilangkan rasa panas pada kulit yang terkena biduran.

--Memakai losion
Selain bedak, Anda juga bisa memakai losion yang mengandung lidah buaya dan mentol. Formula kedua bahan ini mampu menghilangkan rasa gata, panas, dan perih pada kulit yang terkena biduran. Tapi, sebelumnya Anda harus memastikan tubuh dalam keadaan bersih. Sebaiknya, mandilah terlebih dahulu sebelum menerapkan losion maupun bedak untuk mengatasi biduran.

--Istirahat
Selain menerapkan cara di atas, Anda juga harus menghindari pemicu biduran. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup agar penyakit kulit yang satu ini segera sembuh. Tapi, jika penyakit ini tak kunjung sembuh, segeralah meminta bantuan dokter agar diberikan obat yang cocok.

Tokopedia