Konsumsi Seporsi Salad Bikin Otak 11 Tahun Lebih Muda

23 Desember 2017 00:10 WIB Septina Arifiani Lifestyle Share :

Mengonsumsi seporsi salad mencegah demensia.

Solopos.com, SOLO - Mengonsumsi satu hingga dua porsi salad berisi bayam, selada dan kale ternyata bisa membuat otak Anda 11 tahun lebih muda. Tak hanya itu, salad juga mampu mencegah demensia.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan peneliti Universitas Rush di Chicago menemukan orang yang sekurang-kurangnya mengonsumsi satu porsi sayuran berdaun hijau sehari, tingkat penurunan memori dan kemampuan berpikirnya lebih rendah dibanding mereka yang jarang makan sayur.

"Menambah porsi harian sayuran berdaun hijau bisa menjadi cara mudah menjaga kesehatan otak," kata Martha Clare Morris, salah satu peneliti, seperti dikutip Antara dari Indian Express, Jumat (22/12/2017).

"Studi menunjukkan peningkatan persentase orang mengalami demensia, jadi strategi-strategi efektif untuk mencegah demensia sangat penting," imbuh dia.

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Neuorlogy tersebut, sebanyak 960 orang yang berusia rata-rata 81 tahun dan tak mengalami demensia ikut serta.

Setelah 10 tahun masa studi, para partisipan yang paling banyak mengonsumsi sayuran hijau, tingkat penurunan memorinya lebih lambat 0,05 unit standar per tahun daripada mereka yang makan sayuran berdaun paling sedikit. Perbedaan ini setara dengan usia 11 tahun lebih muda.

Hasil ini setelah memperhitungkan sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan otak seperti merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, tingkat pendidikan dan jumlah aktivitas fisik dan kognitif.