Simak! Ini 4 Kesalahan Umum Saat Diet

Ilustrasi makanan sehat untuk diet (Youtube)
31 Desember 2017 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Inilah empat kesalahan umum saat melakukan diet.

Solopos.com, SOLO – Bobot tubuh yang membengkak sering membuat banyak orang pusing. Selain sulit mencari baju yang cocok, berat badan yang terus bertambah juga memicu berbagai masalah kesehatan. Itulah sebabnya banyak orang yang melakukan diet ketat demi memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Tapi, pada kenyataannya tidak semua orang sukses menjalankan diet. Tak jarang banyak orang yang bobot tubuhnya tak kunjung menurun meski telah menahan makan dalam waktu yang cukup lama. Nah, sebenarnya apa yang salah?

Bobot tubuh yang tak kunjung menurun itu bisa jadi disebabkan oleh metode diet yang salah. Tanpa disadari, Anda kerap melakukan kesalahan tertentu saat menjalani diet. Mau tahu apa saja kesalahan umum yang biasa dilakukan pelaku diet? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Jumat (29/12/2017), di bawah ini:

Minum obat pelangsing

Kebanyakan orang meminum obat atau minuman pelangsing berbagai merek yang menjanjikan penurunan bobot tubuh dengan cepat. Tapi, pada kenyataannya hal itu hanya iming-iming belaka. Anda tetap membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Masalahnya, mengonsumsi obat pelangsing dalam jangka waktu lama berbahaya bagi kesehatan. Obat pelangsing baik yang mengandung bahan kimia maupun herbal tetap tidak baik dikonsumsi terus-menerus. Sebab, obat-obatan itu akan mengganggu kinerja ginjal dan hati.

Melewatkan jam makan

Melewatkan jam makan dianggap sebagai cara efektif menurunkan berat badan. Padahal, tindakan ini justru memperlambat metabolisme dan membuat tubuh kekurangan nutrisi. Daripada melewatkan jam makan, lebih baik Anda makan lebih sering dengan porsi kecil. Misalnya, jika biasanya Anda makan sehari dua kali, maka cobalah makan empat kali dengan porsi lebih kecil.

Menghindari lemak

Pelaku diet biasanya menghindari makanan berlemak agar bobot tubuh cepat turun. Padahal, cara ini juga salah kaprah. Anda hanya perlu membatasi porsi lemak yang dikonsumsi. Selain lemak, Anda juga harus membatasi konsumsi karbohidrat.

Tidak sabar

Sabar adalah kunci utama diet. Jika ingin hasil yang instan, maka Anda harus melakukan perawatan khusus, salah satunya operasi sedot lemak. Namun, jika tetap ingin diet yang sehat, maka nikmati prosesnya dan fokus pada tujuan. Jangan mengeluh jika bobot tubuh tak kunjung menurun. Sebab, semuanya butuh proses yang panjang.

 

Tokopedia