Sulit Tidur Malam? Coba Tulis Rencana Anda Esok Hari

16 Januari 2018 18:10 WIB Lifestyle Share :

Hasil penelitian menyebutkan menulis rencana esok hari dapat membantu tidur malam.

Solopos.com, SOLO – Menurut studi yang tertuang dalam Journal of Experimental Psychology, menulis hal-hal yang hendak dilakukan esok hari bisa membantu Anda cepat tertidur.

Dalam penelitian tersebut seperti dilansir Antara dari Time, Selasa (16/1/2018), para peneliti mengatakan menulis tugas-tugas yang ingin Anda kerjakan – bisa menjadi salah satu penyebab munculnya rasa khawatir – dapat mengurangi kadar stres, sekaligus membantu orang melaksanakan tugas yang dia tulis lebih efisien. Baca juga: http://solopos.com/?p=797017">Jangan Makan Makanan Ini sebelum Tidur Malam

Peneliti dari Universitas Baylor di Texas melibatkan 57 orang dewasa sehat berusia 18-30 tahun. Mereka lalu memantau pola tidur para partisipan itu.

Ke-57 orang itu mendapatkan waktu 5 menit untuk menulis hal yang ingin mereka lakukan esok hari, baik itu dalam bentuk poin-poin ataupun paragraf. Sebagian orang menuliskan tugas-tugas yang sudah mereka kerjakan di hari-hari sebelumnya. Baca juga: http://solopos.com/?p=489078">Tidur Malam Bikin Cantik, Inilah Caranya…

"Semua hal yang ingin Anda lakukan besok hari dan beberapa hari ke depan," kata para peneliti.

Hasilnya, mereka yang menuliskan hal-hal yang ingin dilakukan bisa tertidur 9 menit lebih cepat ketimbang para partisipan yang menulis tugas yang sudah mereka selesaikan.

Orang-orang yang menulis lebih panjang dan spesifik bisa lebih cepat lagi tertidur ketimbang yang menulis singkat. "Ketika orang membongkar berbagai hal yang sulit mereka ingat, ada semacam kelegaan," kata asistem profesor psikologi dan neurosains dari Universitas Baylor, Michael Scullin.

Menurut dia, hanya memikirkan hal-hal dalam pikiran justru bisa semakin menyulitkan untuk tidur.

"Tampaknya menuliskan hal-hal yang ingin dilakukan bisa menjadi kuncinya," tutur dia.

Bisa tertidur lebih cepat sembilan menit atau dengan kata lain mendapat tambahan waktu tidur sembilan menit bisa membuat perbedaan nyata.