TIPS CANTIK : 5 Skrub Alami Ini Ampuh Atasi Kulit Kering

24 Januari 2018 10:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips cantik kali ini tentang lima skrub alami yang ampuh mengatasi kulit kering.

Solopos.com, SOLO – Hawa dingin di musim hujan memang seringkali membuat kulit terasa kering. Bahkan, dalam kondisi terburuk kulit seseorang akan bersisik dan mengelupas. Jika sudah begini, seseorang biasanya akan kelimpungan mencari obat guna menyembuhkan kulit.

Sebenarnya, Anda tidak perlu panik. Kulit kering di saat musim hujan adalah hal yang wajar. Namun, kondisi ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Tapi, jangan panik karena Anda bisa mengatasinya dengan memakai skrub khusus dari bahan alami.

Mau tahu apa saja bahan alami yang ampuh mengembalikan kelembapan kulit? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (23/1/2018), di bawah ini:

Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang biasa dipakai untuk skrub dan masker. Sebab, garam memiliki formula khusus yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Formula inilah yang mampu mengembalikan kelembapan kulit. Caranya, bautlah skrub dari campuran tiga sendok makan garam dan madu. Oleskan skrub ini ke kulit sambil dipijat lembut, setelah kering bilas dengan air hangat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang sangat ampuh mengembalikan kelembapan kulit. Saking banyaknya manfaat, minyak yang satu ini kerap dicampurkan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk skrub. Anda bisa mengatasi kulit kering dengan membuat skrub dari campuran minyak kelapa dan gula pasir. Gula pasir merupakan bahan alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan menjaga kelembapannya. Campurkan setengah gelas minyak kelapa dan gula pasir, kemudian oleskan ke kulit sambil dipijat. Setelah kering, bilas kulit dengan air hangat.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan asam lemak esensial. Selain itu, buah ini juga merupakan salah satu sumber vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kehalusan kulit. Campurkan setengah daging buah alpukat dengan dua sendok makan oatmeal, lalu oleskan ke kulit sambil dipijat. Biarkan mengering, lalu bilas dengan air hangat. Pakailah skrub ini dua kali sepekan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kopi

Kopi kaya akan kafein yang berperan sebagai antioksidan. Memakai lulur dari kopi yang dicampur dengan gula pasir dan minyak zaitun ampuh mengembalikan kelembapan kulit. Campurkan tiga sendok makan kopi dengan dua sendok makan minyak kelapa. Oleskan ramuan ini ke kulit sambil dipijat dan tunggu hingga mengering. Bersihkan sisa ampas kopi yang menempel di kulit dengan air hangat. Lakukan perawatan ini tiga kali sepekan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat ampuh mengembalikan kelembapan kulit. Saat kulit terasa kering, coba buatlah skrub dari campuran satu sendok teh bubuk teh hijau, gula pasir, dan madu. Gula berfungsi mengangkat sel kulit mati. Sementara madu membuat kulit tampak lebih bercahaya. Aplikasikan skrub ini ke kulit yang kering. Tunggu setengah kering, kemudian gosok skrub yang menempel di kulit sampai bersih. Lanjutkan dengan mandi air hangat untuk mendapatkan hasil maksimal.