INFO HIDUP SEHAT : 5 Bahaya Minum Teh Hijau Berlebihan

17 Februari 2018 11:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang lima bahaya meminum teh hijau secara berlebihan.

Solopos.com, SOLO – Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dipercaya ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Bahkan, banyak orang menyebut teh hijau merupakan minuman paling sehat di dunia. Pasalnya, teh hijau memiliki beragam khasiat untuk menyehatkan tubuh.

Sejumlah hasil penelitian menyebut teh hijau mampu mencegah kanker, memaksimalkan fungsi otak, mengatasi depresi, menurunkan risiko serangan jantung, diabetes, hingga mengibati batu ginjal. Namun, di balik semua khasiat itu, teh hijau juga memiliki sejumlah efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Apa saja? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari The Huffington Post, Jumat (16/2/2018), di bawah ini:

Pusing dan sakit perut

Kandungan kafein dalam teh hijau menyebabkan sakit kepala dan perut kembung. Kafein ini akan meningkatkan produksi asam lambung yang membuat perut terasa penuh dan sesak. Selain itu, kafein juga menyebabkan migrain.

Sulit tidur

Minum teh hijau sebelum tidur adalah hal yang sangat tidak disarankan. Kafein dalam teh hijau akan merangsang otak tetap terjaga di malam hari dan menyebabkan insomnia.

Kontraksi otot

Minum teh hijau berlebihan juga menyebabkan kejang otot. Inilah sebabnya Anda tidak boleh mengonsumsi teh hijau setelah berolahraga.

Diabetes

Penderita diabetes tipe dua juga tidak diperbolehkan mengonsumsi teh hijau. Sebab, minuman yang satu ini mengganggu kadar gula darah dalam tubuh. Dalam kondisi terburuk, produksi hormon insulin akan melonjak.

Osteoporosis

Kandungan kafein dalam teh hijau menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi teh hijau secara berlebihan akan menimbulkan beragam penyakit tulang, salah satunya osteoporosis.

Itulah beberapa efek samping minum teh hijau berlebihan yang belum banyak diketahui orang. Agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan di atas, Anda sebaiknya membatasi jumlah konsumsi teh hijau. Minumlah teh hijau sekali dalam sehari baik pagi maupun sore sesuai selera.

 

Tokopedia