TIPS SEHAT : Awas, Pakai Pomade Bikin Rambut Rusak

17 Februari 2018 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips sehat kali ini tentang bahaya memakai pomade yang merusak rambut.

Solopos.com, SOLO – Pomade, gel rambut, dan wax, merupakan produk yang banyak dipakai pria. Produk tersebut berfungsi memperindah tampilan rambut seorang pria. Tapi, tahukah Anda, penggunaan ketiga produk ini secara berlebihan justru merusak rambut?

Dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Sabtu (17/2/2018), memakai pomade, gel, maupun wax secara berlebihan akan membuat rambut rontok dan kulit kepala berketombe. Ketiga produk ini memang tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok. Tapi, bahan kimia yang terkandung dalam ketiga produk itu bisa melemahkan rambut dan merusaknya secara perlahan.

Selain itu, memakai pomade berlebihan setiap hari juga merusak kulit kepala yang ditandai dengan munculnya ketombe. Apalagi jika pomade yang dipakai mengandung minyak. Sebab, minyak tersebut akan menyumbat pori-pori kulit.

Ketombe juga bisa muncul karena rambut yang diberi pomade biasanya lembap dan pori-pori di kulit kepala tersumbat. Kelembapan dan penyumbatan pori-pori kulit inilah yang membuat berbagai kotoran menempel di rambut dan terjebak di dalamnya. Alhasil, kulit kepala akan terasa gatal dan panas karena munculnya ketombe.

Selanjutnya, pomade juga bisa memicu timbulnya jerawat di sekitar dahi. Jerawat ini muncul sebagai reaksi negatif dari bahan kimia dalam pomade yang tidak cocok dengan kulit kepala. Anda tentu tidak mau dahi mulus ditumbuhi jerawat bukan?

Nah, mulai sekarang, sebaiknya batasilah penggunaan pomade. Jangan memakai pomade setiap hari jika tidak mau mengalami berbagai masalah seperti di atas. Pakailah pomade tidak lebih dari empat jam. Sebab, formula pomade membuat rambut kaku dan melemahkan akarnya.

Anda juga harus rajin mencuci rambut. Sebaiknya keramasi rambut setelah selesai memakai pomade. Anda tentu tidak mau rambut rontok dan membuat kepala botak karena memakai pomade hanya demi tampil klimis bukan?