TIPS KESEHATAN : 4 Bahan Alami Ampuh Legakan Hidung Mampet

23 Februari 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Tips kesehatan kali ini tentang empat bahan alami yang ampuh melegakan hidung mampet.

Solopos.com, SOLO – Hidung tersumbat merupakan kondisi yang membuat tubuh seseorang menjadi tidak nyaman. Anda tentu tidak akan bisa bernapas dengan lega ketika hidung tersumbat lendir. Itulah sebabnya banyak orang mendatangi dokter untuk meminta obat melegakan hidung tersumbat akibat gejala flu.

Padahal, Anda tidak perlu repot meminum obat untuk mengatasi hidung tersumbat. Ada beberapa bahan alami yang bisa meredakan hidung tersumbat. Mau tahu apa saja bahan alami yang ampuh meredakan hidung tersumbat? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Kamis (22/2/2018), di bawah ini:

Air panas

Uap dari air panas merupakan obat yang paling mujarab untuk meredakan hidung tersumbat. Anda hanya perlu mengompres bagian hidung untuk menghilangkan lendir yang menyumbatnya. Caranya, tuangkan air mendidih ke dalam wadah, kemudian rendam handuk bersih di dalamnya dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, angkat handuk tersebut dan peras kelebihan air sebelum ditempelkan ke area hidung.

Jahe

Jahe merupakan bahan alami bersifat anti-inflamasi yang ampuh melegakan saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Iris tipis jahe dan rebus dengan air sampai mendidih. Minum air jahe ini napas Anda kembali lega.

Cabai rawit

Cabai rawit merupakan dekongestan alami yang membantu menghilangkan lendir. Selain itu, kandungan capsaicin dalam cabai rawit juga membantu menyembuhkan pembengkakan dalam hidung. Siapkan seperempat sendok teh cabai rawit bubuk dan tuangkan dalam segelas air mendidih. Aduk rata lalu minum ramuan ini sampai napas kembali lega.

Bawang putih

Bawang putih merupakan ekspektoran dan dekongestan alami yang mampu melegakan hidung tersumbat. Bawang putih juga berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Rebus air dan tambahkan empat siung bawang putih dan setengah sendok teh bubuk kunyit. Didihkan ramuan itu selama tiga menit, kemudian hirup aromanya sampai lendir di hidung hilang.

Tokopedia