INFO HIDUP SEHAT : 3 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

06 Maret 2018 09:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang tiga bahaya minum teh saat perut kosong.

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda suka minum teh? Ya, minum teh di pagi atau sore hari memang sangat nikmat. Anda akan merasa lebih bersemangat setelah meminum secangkir teh. Bahkan, teh bisa meningkatkan konsentrasi Anda.

Tapi, jangan pernah meminum teh saat perut dalam keadaan kosong. Antioksidan di dalam teh memang memiliki sejumlah khasiat. Namun, manfaat ini tidak akan terserap oleh tubuh jika diminum saat perut kosong. Ada sejumlah risiko yang akan ditimbulkan jika nekat minum teh saat perut kosong. Apa saja dampak buruk minum teh saat perut kosong? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (5/3/2018), di bawah ini:

Mengganggu metabolisme

Minum teh saat perut kosong mengganggu metabolisme tubuh. Kandungan yang ada di dalam teh ini membuat zat asam di dalam perut meningkat. Alhasil, metabolisme tubuh akan terganggu dan asam lambung naik.

Dehidrasi

Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dalam tubuh. Inilah sebabnya Anda tidak boleh minum teh saat perut kosong, apalagi di pagi hari. Sebab, Anda akan mengalami dehidrasi sepanjang hari. Bahkan, dalam kondisi terburuk Anda akan mengalami kram otot.

Kembung

Minum teh yang dicampur susu memang nikmat. Tapi, jangan pernah meminumnya saat perut kosong. Sebab, kandungan laktosa yang tinggi dalam susu akan membuat perut kembung dan menimbulkan sejumlah masalah pada usus. Dalam kondisi terburuk, Anda akan mengalami sembelit.

Nah, itulah tiga risiko yang timbul jika meminum teh saat perut kosong. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah ini, sebaiknya minumlah teh saat perut sudah terisi, misalnya setelah sarapan. Selain itu, perhatikan jumlah gula yang Anda masukkan di dalam teh tersebut. Jangan sampai terlalu manis karena akan meningkatkan hormon insulin di dalam tubuh yang memicu beragam masalah kesehatan lain dalam tubuh.

 

 

Tokopedia