INFO HIDUP SEHAT : Hati-Hati! Diet Bikin Wanita Stres

08 Maret 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang diet yang sering membuat wanita stres.

Solopos.com, SOLO – Memiliki tubuh langsing merupakan dambaan para wanita. Kebanyakan wanita rela melakukan berbagai hal untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, salah satunya dengan diet ketat. Keinginan untuk memiliki badan ideal itu terkadang sampai membuat seorang wanita stres.

Menurut hasil penelitian dari National Association of Anorexia and Associated Disorders, sebagaimana dikabarkan Boldsky, Rabu (7/3/2018), 95 persen wanita berusia 12 sampai 25 tahun mengalami gangguan makan karena stres memikirkan berat badan. Gangguan makan yang sering dialami kaum wanita adalah anoreksia dan bulimia.

Anoreksia adalah kelainan yang membuat seseorang takut makan. Penderita anoreksia biasanya akan makan dalam porsi kecil sekali dalam sehari. Sementara bulimia adalah kelainan yang ditandai dengan nafsu makan meningkat. Seorang penderita bulimia akan makan dalam porsi besar, kemudian memuntahkannya kembali karena takut berat badan meningkat.

Mengapa seorang wanita mengalami anoreksia dan bulimia? Jawabannya adalah obsesi mereka untuk memiliki tubuh ideal dengan menghalalkan segala cara. Tak ayal, obsesi ini membuat pikiran stres hingga menimbulkan gangguan makan tersebut. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara terbaik mengatasi gangguan makan adalah berkonsultasi dengan dokter. Anda tidak boleh menyiksa diri dengan membiarkan kondisi tersebut dalam waktu lama. Abaikan semua komentar negatif dari orang lain tentang bentuk fisik Anda. Syukuri semua apapun bentuk fisik Anda. Jika ingin mendapatkan tubuh ideal, mulailah dengan mengatur pola makan dan berolahraga.