Ingin Detoksifikasi yang Simpel & Mudah Dilakukan? Coba 5 Hal Ini

19 Maret 2018 07:00 WIB Lifestyle Share :

Detoksifikasi merupakan cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh, hal ini kadang harus dilakukan sebelum racun terkumpul terlalu banyak.

Solopos.com, SOLO – Aktivitas sehari-hari mulai dari bangun tidur, kerja, makan, hingga kembali tidur, beberapa di antaranya  bisa memberi efek negatif bagi tubuh. Hal itu lama kelamaan bertumpuk menjadi racun yang bisa merugikan. Oleh karena itu penting dilakukan detoksifikasi.

Bagi beberapa orang, detoksifikasi bisa dilakukan dengan paket yang terbilang mahal lengkap dengan pengawasan tenaga medis profesional. Namun, hal itu bukan berarti detoksifikasi tak bisa dilakukan secara mandiri, simpel, dan tentunya murah.

Dihimpun Solopos.com, dari Mindbodygreen.com dan  Thankyourbody.com, Minggu (18/3/2018), lima langkah ini bisa jadi cara detoksifikasi yang simpel dan murah:

Minum Cukup Air

Tubuh manusia sebagian besar berupa cairan. Kekurangan cairan bisa memicu berbagai efek negatif seperti pusing, kurangnya konsentrasi, hingga letih setiap saat. Kurangnya cairan juga memicu tertimbunnya racun. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan volume air yang masuk ke tubuh. Dengan air yang cukup, tubuh bisa membuang racun melalui urine.

Mulai Hari Dengan Lemon & Air Hangat

Dari pada memulai hari dengan minuman ber-kafein, Anda lebih baik meminum lemon denganair hangat di pagi hari. Hal ini tidak akan membuat ketagihan seperti efek kafein, namun akan meningkat pH dalam tubuh. Efeknya kuman di dalam tubuh akan mati, menstimulasi pencernaan, dan baik untuk fungsi hati.

Gosok Kulit Anda

Kulit adalah organ terbesar di tubuh manusia. Oleh karena itu perawatan kulit sangatlah penting bagi tubuh, Menggosok atau menyikat kulit juga merupakan proses detoksifikasi. Di sini Anda disarankan menggosok kulit dalam keadaan kering. Gunakan sikat khusus sehingga tidak melukai kulit.

Menggosok kulit akan membantu kulit terbebas dari sel kulit mati, sehingga kulit lebih mudah regenerasi. Menggosok kulit juga akan menstimulasi peredaran darah dan sistem limfatik yang akan membunuh kuman.

Olahraga

Berolahraga adalah cara paling mudah untuk detoksifikasi. Saat anda berolahraga, peredaran darah meningkat. Darah akan membawa nutrisi untuk sel-sel di tubuh. Di sisi lain keringat saat berolahraga akan membantu racun keluar dari tubuh.

Kontras Hidroterapi

Secara teori kontras hidroterapi adalah memberi tubuh dengan sesuatu yang memiliki temperatur kontras. Hal yang paling mudah dilakukan adalah mandi air hangat diakhiri dengan membilas tubuh dengan air dingin. Hal ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh Anda masing-masing.

Kontras hidroterapi mampu meningkatkan imunitas tubuh. Awalnya, saat Anda mandi air hangat pembuluh darah akan membesar, kemudian saat tubuh disiram air dingin, pembuluh darah akan mengecil. Proses ini akan menambah penyebaran sel darah putih ke seluruh tubuh yang berarti meningkatnya imunitas tubuh.

 

 

Tokopedia