INFO KESEHATAN : Makan Roti Berlebihan Picu Masalah Pencernaan

20 Maret 2018 02:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info kesehatan kali ini tentang bahaya makan roti berlebihan yang memicu masalah pencernaan.

Solopos.com, SOLO – Roti merupakan salah satu makanan yang sangat populer di dunia. Masyarakat modern kerap mengonsumsi roti sebagai sumber karbohidrat utama. Namun, selama ini banyak penelitian yang menyebut roti memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian?

Sejumlah hasil penelitian memaparkan, roti sangat tinggi kalori yang membuat gula darah meningkat drastis setelah mengonsumsinya. Selain itu, roti yang tinggi kalori itu rendah nutrisi. Kandungan nutrisi yang teramat rendah itu menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat.

Dilansir Boldsky, Senin (19/3/2018), roti mengandung gluten yang tinggi. Kandungan gluten ini terdapat pada bahan utama pembuatan roti, yakni biji gandum. Jumlah gluten yang sangat tinggi itu membuat lambung bekerja cukup keras untuk mencernanya. Dalam kondisi terburuk, kandungan gluten ini memicu iritasi pada dinding saluran pencernaan.

Iritasi pada dinding saluran pencernaan itu biasanya ditandai dengan perut kembung, mulas berlebihan, serta diare. Jika sudah seperti ini, tubuh akan kesulitan menyerap sumber nutrisi lain yang terkandung dalam makanan.

Selain itu, rasa manis pada roti juga memicu kenaikan gula darah secara drastis. Hal ini akan membuat seseorang lebih cepat merasa lapar. Pada akhirnya, Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan lain setelah makan roti yang membuat berat badan meningkat.

Perlu Anda ketahui pula, roti adalah makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi yang menimbulkan sederet masalah pencernaan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membatasi jumlah roti yang dikonsumsi dalam sehari. Imbangi konsumsi roti dengan makanan berserat lain yang menyehatkan tubuh.