INFO HIDUP SEHAT : 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi

28 Maret 2018 07:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Info hidup sehat kali ini tentang lima kebiasaan sepele yang dapat merusak gigi.

Solopos.com, SOLO – Gigi merupakan organ tubuh yang vital. Anda akan merasa sangat terganggu jika salah satu gigi mengalami masalah. Entah berupa pembengkakan gusi, berlubang, atau gigi sensitif. Semua gangguan itu akan membuat aktivitas Anda tidak nyaman.

Meski terlihat kuat, gigi merupakan salah satu organ yang sensitif dan mudah rusak. Bahkan, gigi adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak bisa memperbaiki kerusakannya secara alami. Itulah sebabnay Anda harus melakukan perawatan ekstra agar gigi tidak mengalami kerusakan serius.

Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang belum paham jika kebiasaan sepele yang dilakukan sehari-hari bisa merusak gigi. Apakah Anda salah satunya? Penasaran, kebiasaan apa saja yang merusak gigi? Simak selengkapnya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (27/3/2018), di bawah ini:

Sering minum air panas dan dingin

Minuman yang terlalu panas atau dingin akan merusak gigi. Salah satu tanda jika gigi Anda sensitif adalah terasa ngilu ketika meminum air panas atau dingin. Jika sudah begini, sebaiknya Anda menghindari minuman tersebut. Sebagai gantinya, minumlah air bersuhu normal untuk menjaga kesehatan gigi.

Mengunyah es batu

Ada banyak orang yang hobi mengunyah es batu. Mereka tampak sangat menikmati aktivitas yang ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi. Suhu es batu yang sangat dingin ditambah dengan tekstur yang keras akan mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi. Dalam kondisi tertentu, gigi akan terasa ngilu. Bahkan, Anda bisa saja mengalami nyeri yang luar biasa pada gigi hingga membuat tubuh lemas.

Minum kopi

Kebiasaan minum kopi akan membuat gigi menguning. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi dan rasanya yang sedikit masam akan membunuh bakteri baik di dalam mulut. Akibatnya, mulut akan berbau dan dalam kondisi terburuk memicu radang gusi. Jadi, segeralah berkumur dan minum air putih setelah minum kopi.

Menggigit kuku

Kebiasaan yang satu ini ternyata juga dapat merusak gigi. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada rahang. Dalam kondisi terburuk, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan disfungsi rahang.

Sikat gigi setelah makan

Menyikat gigi secara langsung setelah makan ternyata juga salah. Sebab, bakteri baik di dalam mulut sedang membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sela gigi. Jika langsung disikat, bakteri itu akan hilang. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyikat gigi 30 menit setelah makan.

Selain itu, perhatikan pula sikat gigi yang dipakai. Jangan sampai Anda memakai sikat gigi yang sudah rusak. Minimal, gantilah sikat gigi Anda setiap tiga bulan sekali.

Tokopedia