TIPS KESEHATAN: Hati-Hati, Konsumsi Pepaya Mentah Picu Keguguran

Ilustrasi pepaya muda (Pinterest)
04 April 2018 21:55 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pepaya merupakan salah satu buah kaya vitamin C yang sangat baik dikonsumsi. Buah tropis yang satu ini memiliki segudang manfaat, khususnya untuk pencernaan. Bahkan, buah ini juga bisa dimakan dalam keadaan mentah.

Buah pepaya muda atau yang masih mentah biasanya dimasak sebagai lauk. Teksturnya yang renyah biasa dimasak menjadi pengganti labu siam. Namun, buah pepaya muda ini kabarnya tidak baik dikonsumsi oleh wanita hamil atau yang sedang menjalani program untuk memiliki anak. Mengapa demikian?

Dilansir Boldsky, Rabu (4/4/2018), menurut sejumlah hasil penelitian, pepaya muda merupakan salah satu jenis makanan panas. Makanan ini mengandung enzim papain yang memengaruhi kesuburan dan kondisi janin khusus bagi wanita hamil. Sama seperti nanas, terlalu banyak mengonsumsi pepaya muda membahayakan kondisi janin bahkan bisa sampai membuat keguguran.

Kandungan enzim papain dalam pepaya mentah ini akan membuat rahim sering konrtaksi. Jika tidak keguguran, bayi yang dikandung kemungkinan akan lahir dalam kondisi cacat. Jadi, sebaiknya Anda menghindari buah pepaya mentah jika sedang dalam proses mendapatkan keturunan atau mengandung.

Lebih baik Anda mengonsumsi buah pepaya matang yang kaya akan vitamin C. Buah ini akan meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan menutrisi janin dalam kandungan. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk olahan jus atau dimakan langsung.

Meski berbahaya bagi ibu hamil, buah pepaya muda ternyata memiliki banyak manfaat. Buah yang masih mentah ini membantu melancarkan menstruasi bagi wanita. Selain itu, buah ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mempercepat penyembuhan luka. Bahkan, buah ini juga bisa mengurangi risiko terkena diabetes, sakit jantung, serta kanker.

Tokopedia