Ajaib! Ini 5 Manfaat Kunyah Permen Karet

Ilustrasi mengunyah permen karet (Huffingtonpost.com)
06 April 2018 10:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Permen karet merupakan salah satu makanan yang kerap dikonsumsi saat seseorang merasa bosan. Bukan tanpa alasan, selama ini mengunyah permen karet dipercaya mampu menghilangkan jenuh dan membangkitkan semangat.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain dari mengunyah permen karet. Mau tahu? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Cosmopolitan, Kamis (5/4/2018), di bawah ini:

Meningkatkan kewaspadaan

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information di Amerika Serikat, mengunyah permen karet membuat seseorang lebih siaga. Hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nutritional Neuroscience pada 2009 juga menyebut jika mengunyah permen karet bermanfaat meningkatkan semangat. Jadi, bagi Anda yang sedang lemas tidak ada salahnya mencoba mengunyah permen karet untuk meningkatkan stamina.

Menekan nafsu makan

Mengunyah permen karet juga ampuh menahan rasa lapar dan mengontrol nafsu makan. Sebaiknya, pilih permen karet yang tidak mengandung banyak gula jika sedang diet. Sebab, permen karet biasa merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak gula penyebab bertumpuknya lemak di tubuh.

Menghilangkan stres

Makan permen karet juga bisa mengurangi stres. Sebab, proses mengunyah permen karet akan meningkatkan aliran oksigen ke otak dan menurunkan produksi hormon kortisol penyebab stres di dalam darah.

Menguatkan gigi

Sejumlah peneliti dari American Dental Association menyebutkan mengunyah permen karet tanpa rasa selama 20 menit setelah makan bisa mengurangi karang, melindungi enamel, menguatkan gigi, dan menurunkan risiko terkena radang gusi.

Saat mengunyah permen karet, produksi ludah akan meningkat dan menurunkan kadar zat asam penyebab gigi keropos di dalam mulut. Ingat, pilihlah permen karet tanpa rasa, karena yang mengandung gula justru akan meningkatkan kadar zat asam.

Mengencangkan kulit wajah

Proses mengunyah permen karet juga melancarkan aliran darah ke bagian wajah. Hal ini akan memengaruhi kondisi wajah, yakni membuatnya terlihat lebih cerah, bersih, dan sehat. Bahkan, mengunyah permen karet juga dapat mengencangkan kulit wajah dan menghambat timbulnya keriput.