Tips Belanja: Mau Beli Sepatu Basket? Ini Tipsnya

Sepatu basket (Tokopedia.com)
10 April 2018 08:12 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Memakai sepatu saat berolahraga basket merupakan hal mutlak. Sebab, permainan bola basket melibatkan banyak gerakan tubuh seperti berlari dan melompat yang membutuhkan sepatu berkualitas baik.

Biasanya para atlet bola basket akan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memilih sepatu basket. Pasalnya, sepatu basket yang baik dapat membantu meningkatkan performa atlet saat bermain dan mengurangi risiko cedera pada kaki. Lantas, bagaimana tips memilih sepatu basket yang baik?

Dihimpun Solopos.com dari laman Live Strong, Kamis (1/12/2016), berikut beberapa tips memilih sepatu basket:

Pilih ukuran yang pas

Ukuran kaki merupakan hal penting yang harus diketahui sebelum membeli sepatu. Sebab, ukuran kaki akan bertambah seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas agar kaki tidak lecet saat memakainya.

Pilih sepatu dengan bahan terbaik

Pilihlah sepatu dengan bahan yang baik agar nyaman saat dipakai. Pasalnya, seseorang yang melakukan olahraga basket pasti akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Oleh sebab itu, pilihlah sepatu dengan bahan yang mampu meresap keringat agar sepatu tak menimbulkan bau.

Selain itu, pilihlah sepatu yang memiliki sol yang sesuai dengan kebutuhan. Jika hendak bermain di lantai, maka pilihlah sol sepatu basket yang terbuat dari karet karena lebih ringan dan membuat pergerakan Anda lebih lincah.

Sesuaikan jenis sepatu dengan ritme permainan

Pilihlah jenis sepatu basket yang sesuai dengan ritme permainan. Misalnya, seseorang yang berposisi sebagai guard sebaiknya memilih jenis high top atau sepatu yang tinggi di bagian belakang. Sepatu jenis ini mampu mengurangi risiko cedera di bagian tumit.

Sementara untuk pemain penyerang, pilihlah sepatu yang paling ringan atau low top. Jenis sepatu ini mampu menambah kecepatan pemain ketika berlari. Sedangkan khusus untuk pemain pengatur serangan atau all around player yang lebih sering berlari, sepatu jenis mid top merupakan pilihan paling tepat.

Pilih model sepatu

Saat ini model dan warna sepatu basket telah mengalami perkembangan pesat. Berbagai macam merek sepatu berlomba menawarkan produk mereka kepada konsumen. Nah, sebaiknya pililah model sepatu sesuai selera agar Anda lebih bersemangat ketika memakainya.

Semua jenis sepatu yang menunjang untuk permainan bola basket sesuai dengan kriteria di atas saat ini sudah dapat Anda temukan di beberapa situs jual beli online. Tak hanya sepatu, Anda pun juga bisa memesan bola basket di situs jual beli online terbesar di Indonesia. Ada berbagai pilihan produk dengan kualitas terjamin, selamat berbelanja online! #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

 

Tokopedia