Ingin Laptop Terbaik Awet? Begini Caranya

Ilustrasi membersihkan laptop (JIBI/Dok)
10 April 2018 04:22 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Laptop kini telah menjadi salah satu alat penting bagi kehidupan manusia di zaman modern. Oleh sebab itu, tak heran jika saat ini banyak orang yang ingin memiliki laptop terbaik.

Sayangnya, beberapa orang kerap mengeluhkan kondisi laptop yang cepat rusak, sehingga memaksa mereka untuk mengganti laptop.

Sebenarnya, banyak hal yang menyebabkan laptop cepat rusak. Salah satu penyebabnya tak lain adalah perawatan yang tidak benar. Mengapa demikian?Ternyata dari banyak orang yang memiliki laptop, hanya segelintir saja yang mengetahui dan menerapkan cara perawatan yang tepat.

Oleh sebab itu, dikutip Solopos.com dari laman Pc World, Senin (5/12/2016), . Ingin laptop terbaik Anda awet? Berikut beberapa langkah tepat merawat laptop agar tidak cepat rusak:

Jaga kebersihan laptop

Tak hanya membuat kotor, debu yang menempel pada laptop ternyata lama kelamaan dapat menimbulkan kerusakan yang fatal. Pasalnya, debu tersebut akan menumpuk dan menyumbat beberapa bagian inti yang membuat laptop cepat rusak.

Oleh sebab itu, bersihkan seluruh bagian laptop, terutama bagian keyboard dan layar dari debu setiap hari. Tak perlu repot menggunakan lap, membersihkan debu yang menempel pada laptop bisa dilakukan menggunakan kuas atau tisu yang lembut.

Jaga kondisi baterai

Baterai merupakan komponen yang paling sering bermasalah pada laptop. Hal itu disebabkan oleh cara penggunaan laptop yang tidak benar. Ada beberapa pendapat yang menyebut jika penggunaan laptop saat di-charge dapat menyebabkan baterai melembung. Oleh sebab itu, beberapa orang kerap mencopot baterai laptop saat dipakai.

Padahal, tindakan itu justru berisiko menyebabkan komponen laptop cepat rusak. Selain itu, hindari pemakaian laptop di kasur. Pasalnya, saat dinyalakan, laptop mengeluarkan udara panas yang akan diserap oleh permukaan kasur yang empuk. Hal itu tentu menyebabkan suhu panas laptop meningkat yang membuatnya lebih cepat rusak. Sebaiknya berikanlah alas dari kayu atau benda lain yang datar dan keras saat hendak memakai laptop di kasur.

Jauhkan laptop dari benda cair

Beberapa barang elektronik, termasuk laptop akan lebih cepat rusak ketika terkena air. Oleh sebab itu, jauhkanlah laptop dari benda cair, dan jangan memegang laptop saat tangan dalam kondisi basah. Namun, jika laptop telah terlanjur terciprat air, maka segera matikan laptop, dan lepas baterainya. Setelah itu, angin-anginkan laptop sampai mengering.

Jangan meletakkan benda lain di atas laptop

Jangan pernah meletakkan benda yang berat di atas laptop. Sebab, meletakkan benda yang berat di atas laptop yang sedang tidak dipakai berisiko merusak layarnya. Kerusakan tersebut ditandai dengan munculnya garis-garis pada layar laptop saat dinyalakan.

Simpan laptop dalam tas khusus

Tas laptop menjadi hal sangat penting untuk menjaga laptop Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan laptop adalah cara membawa dan menyimpannya.

Bisa jadi laptop mengalami gangguan atau rusak hanya karena cara penyimpanan yang salah. Kebanyakan orang kerap membawa laptop dalam tas yang berisi berbagai benda lain. Padahal, kebiasaan itu bisa memengaruhi usia laptop.

Sebab, laptop sebenarnya tidak boleh terhimpit oleh benda-benda keras. Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko rusaknya hardisk karena laptop terjepit, atau bergesekan dengan benda lain.

Nah, sebaiknya simpan gadget tersebut dalam tas laptop kualitas terbaik yang dilengkapi busa tebal sebagai penahan goncangan. Tas laptop tersebut banyak dijual di situs jual beli online, salah satunya Tokopedia.

Tak hanya menawarkan tas laptop, di Tokopedia ada banyak penawaran laptop terbaik dengan harga kompetitif. Jadi tunggu apalagi, jual beli online aman dan nyaman hanya e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia.