Info Hidup Sehat: 4 Jenis Teh Terbaik

Ilustrasi teh putih (Livestrong.com)
11 April 2018 12:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Rasa yang lezat dan segudang manfaat yang dikandung membuat teh menjadi salah satu minuman favorit. Biasanya, teh diminum saat pagi atau sore hari.

Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari seduhan daun tanaman bernama camellia sinensis. Tanaman ini tumbuh subur di daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Meski berasal dari tanaman yang sama, ada empat jenis teh yang mudah ditemukan di pasaran, yakni teh putih, teh hijau, teh oolong, dan teh merah. Perbedaan ini terletak pada pemilihan daun teh dan cara pengolahannya.

Selain menghasilkan rasa yang berbeda, keempat jenis teh itu juga memiliki fungsi masing-masing. Mau tahu, apa saja manfaat dari masing-masing teh itu? Simak info lengkapnya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (9/4/2018), di bawah ini:

Teh hijau

Salah satu jenis teh yang cukup populer adalah teh hijau. Teh yang satu ini banyak dikonsumsi karena dipercaya membantu menurunkan berat badan dan menyembuhkan beragam penyakit. Adapun daun teh yang dipakai untuk memproduksi minuman ini adalah yang berada di pucuk pohon. Daun yang dipilih adalah berwarna putih keperakan. Proses pengolahan daun teh ini cukup rumit dan berbeda jauh dengan teh hitam biasa. Itulah sebabnya harga teh hijau jauh lebih mahal.

Selain untuk diet, teh hijau juga diyakini mencegah berbagai penyakit, mulai dari kanker, jantung, diabetes, mengontrol tekanan darah, meningkatkan imunitas, serta memelihara kesehatan otak dan mental.

Teh hitam

Teh hitam diproses dari daun teh biasa yang tidak dipilih untuk pengolahan teh hijau. Setelah dipetik, daun teh ini disangrai hingga layu kemudian dikeringkan. Suhu panas yang tinggi membuat daun teh yang tadinya berwarna hijau berubah menghitam.

Kandungan kafein dalam minuman ini sangat tinggi dibandingkan jenis teh yang lain. Aroma dan rasanya juga sangat kuat. Teh jenis ini biasanya diolah menjadi berbagai minuman lezat dengan campuran gula, susu, hingga ekstrak buah-buahan. Selain rasa yang nikmat, minum teh hitam memiliki banyak manfaat, seperti menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas, dan memelihara kesehatan organ penting dalam tubuh.

Teh oolong

Minuman yang satu ini biasanya disajikan di restoran Tiongkok. Minuman ini memiliki perpaduan rasa antara teh hitam dan teh hijau. Sama seperti lainnya, teh yang satu ini memiliki berbagai khasiat, termasuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, teh oolong juga mengandung vitamin A, B, C, E, K, dan berbagai mineral seperti kalsium dan selenium yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Teh putih

Sama seperti teh lainnya, teh putih merupakan hasil olahan tanaman camellia sinensis. Bedanya, pucuk daun teh yang dipetik hanya dikeringkan tanpa disangrai. Proses pengolahan ini membuat kadar kafein di dalamnya sangat rendah dibandingkan jenis teh lainnya. Minuman ini sangat populer dan disukai masyarakat Tiongkok karena dipercaya mengurangi risiko terkena kanker dan penyakit kardiovaskular.

Tokopedia