Tips Liburan: Begini Cara Bikin Piknik Lebih Berkesan

Ilustrasi piknik di pantai (JIBI - Dok)
11 April 2018 20:20 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Liburan merupakan waktu yang amat ditunggu oleh banyak orang. Biasanya, kebanyakan orang memanfaatkan waktu libur untuk pergi berekreasi bersama teman atau keluarga. Tak dapat dipungkiri, liburan bersama orang-orang tercinta tentu akan sangat membahagiakan.

Meski belum memasuki masa liburan, tidak ada salahnya merencanakan waktu berlibur yang pas dan menyenangkan. Meski terlihat sepele, banyak hal yang mesti dipersiapkan sebelum berangkat berlibur. Nah, apa sajakah hal-hal yang perlu dipersiapkan agar liburan Anda menyenangkan? Yuk simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari laman Real Simple, Rabu (8/2/2017), berikut ini:

Tentukan tujuan

Tempat tujuan merupakan hal penting yang harus ditentukan sejak awal. Sebab, lokasi tujuan akan memengaruhi segala hal yang harus dipersiapkan setelahnya. Perhatikan kondisi cuaca sebelum menentukan lokasi tujuan. Misalnya, hindari liburan dengan mendaki saat musim hujan, karena akan membahayakan keselamatan Anda.

Tentukan transportasi

Selain kondisi cuaca, perhatikan pula akses transportasi menuju ke lokasi tujuan. Jangan sampai Anda memilih lokasi berlibur yang cukup sulit dijangkau kendaraan. Biasanya, kebanyakan orang memilih bepergian ke luar kota menggunakan kendaraan umum seperti kereta api karena alasan praktis dan ekonomis. Sayangnya, ada beberapa orang yang merasa kerepotan saat akan membeli tiket kereta api.

Tapi, seiring dengan kemajuan zaman, membeli tiket kereta api tak lagi jadi soal. Anda bahkan tak perlu repot-repot mengantre di stasiun untuk membeli tiket. Sebab, saat ini Tokopedia menawarkan kemudahan memesan tiket kereta api.

Caranya, Anda hanya perlu mengecek jadwal keberangkatan kereta api melalui smartphone atau laptop. Kemudian, pesan tiket sesuai kebutuhan. Ketika akan berangkat, cetak tiket dengan menunjukkan kode booking di stasiun. Selain itu, Anda juga bisa memilih nomor bangku sesuai keinginan. Proses pembayaran tiket ini bisa Anda lakukan secara online lewat saldo Tokopedia maupun Internet banking.

Pilih baju yang cocok

Setelah menentukan tempat tujuan dan transportasi, kini saatnya Anda memilih pakaian yang cocok untuk dipakai saat berlibur. Sesuaikan baju yang hendak dibawa dengan lama waktu perjalanan. Pilihlah pakaian yang nyaman dan meresap keringat, karena saat berlibur Anda tentu akan banyak menghabiskan waktu untuk jalan-jalan. Jangan lupa membawa jaket untuk menghangatkan tubuh di malam hari.

Bawa perlengkapan pribadi

Selain pakaian, Anda juga harus mempersiapkan berbagai perlengkapan pribadi sepeti obat-obatan, sandal jepit, gadget, peralatan mandi, dompet, dan berbagai barang lain yang diperlukan. Setelah semua barang bawaan siap, kemaslah semuanya ke dalam tas ransel dengan ringkas. Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang, karena akan merepotkan Anda.

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki ransel yang cocok dipakai untuk piknik. Selain memesan tiket kereta api, Anda juga bisa membeli ransel favorit di Tokopedia. Situs jual beli online yang satu ini menyediakan berbagai macam tas ransel wanita dan pria dengan berbagai model yang apik. Tunggu apalagi, rencanakan liburan ya #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

Tokopedia