4 Model Kebaya Modern untuk Tampil Cantik di Hari Kartini

Kebaya encim (Instagram)
12 April 2018 13:40 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebaya merupakan salah satu model busana wanita khas Indonesia. Busana yang biasanya dijahit dari kain tradisional ini memang sangat cocok dikenakan untuk menghadiri berbagai acara formal. Sebab, memakai kebaya dapat membuat seorang wanita terlihat lebih cantik, anggun, dan elegan.

Seiring perkembangan fashion, desain kebaya pun mulai berubah. Busana yang dulunya terkesan sangat tradisional itu kini tampil beda dengan desain yang lebih modern. Meski tampil lebih trendi, kebaya tersebut tetap mempertahankan unsur budaya khas Indonesia.

Tokopedia

Model kebaya modern tersebut sengaja dibuat khusus menyesuaikan tren yang disukai kawula muda. Para perancang busana mencoba menghilangkan kesan kebaya yang identik dengan pakaian nenek-nenek. Penasaran, model kebaya apa saja yang cocok dipakai wanita muda? Simak ulasan spesial yang dihimpun Solopos.com, Sabtu (6/5/2017), dari berbagai sumber berikut ini:

Kebaya kutu baru

Kebaya kutu baru modren (Instagram)
Kebaya kutu baru modren (Instagram)

Kutu baru merupakan salah satu model kebaya tradisional yang tetap eksis di zaman modern. Kebaya ini memiliki desain sederhana dengan potongan kain melintang dibagian depan yang menghubungkan sisi kanan dan kiri. Wanita zaman dulu biasanya mengenakan korset agar perutnya terlihat lebih ramping. Namun, seiring perkembangan zaman, penggunaan korset tersebut mulai ditinggalkan. Sebab, desain kebaya kutu baru pun mulai berubah.

Dulu, kain melintang pada bagian depan itu dibuat tidak terlalu panjang. Namun, saat ini kain tersebut dibuat lebih panjang sampai menutupi perut. Kebaya ini sangat cocok dipakai untuk berbagai acara formal mulai dari pesta, jamuan makan, hingga wisuda.

Kebaya encim

Kebaya encim (Instagram)
Kebaya encim (Instagram)

Encim adalah jenis kebaya yang menggabungkan unsur budaya Jawa dan Cina. Pada mulanya, encim adalah pakaian khas wanita bangsawan dari Betawi. Namun, seirng dengan pekembangan zaman, kebaya ini bisa dipakai oleh siapa saja. Ciri khas kebaya ini adalah kerah berbentuk seperti huruf V yang dihiasi detil bordir sampai ke bawah.

Kebaya peplum

Ilustrasi kebaya peplum (kanan) (Instagram)
Ilustrasi kebaya peplum (kanan) (Instagram)

Peplum adalah kebaya hasil akulturasi budaya Indonesia dan Yunani. Peplum memiliki ciri khas berupa kain yang bertumpuk di bagian pinggang. Sekilas, busana ini mirip dengan gaun mini karena bentuknya yang menyempit di bagian pinggang. Kebaya ini sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam rok lilit batik, maupun rok polos yang mengembang.

Kebaya sabrina

Ilustrasi kebaya sabrina (Instagram)
Ilustrasi kebaya sabrina (Instagram)

Kebaya modern yang terakhir adalah sabrina. Jenis kebaya ini memiliki ciri khas bagian kerah yang melebar. Desain tersebut sengaja dibuat untuk mengekspos wilayah leher. Kebaya ini biasanya dipakai oleh pengantin wanita.

Itulah beberapa referensi kebaya modern yang membuat penampilan semakin cantik dan trendi. Kebaya merupakan warisan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Kebaya menjadi simbol kecantikan wanita Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, tidak sulit mencari ragam kebaya wanita modern.

Anda bisa menemukan berbagai model kebaya tersebut dengan berbelanja online di Tokopedia. Berbagai model kebaya kekinian tersedia lengkap di situs e-commerce terbesar di Indonesia itu. Bahkan, Anda bisa sekaligus membeli berbagai model kain batik Indonesia untuk dipakai bersama kebaya favorit. Tampil cantik dan elegan dengan kebaya #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.