Tips Asuh Anak: Begini Cara Agar Anak Mau Berjilbab Sejak Dini

Ilustrasi baju musim anak (Tokopedia)
12 April 2018 08:30 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Saat ini banyak orang tua yang mengajarkan anak perempuan mereka mengenakan jilbab sejak dini. Sebab, suatu hal yang telah menjadi kebiasaan seseorang sejak kecil akan terus dilakukan hingga ia tumbuh dewasa.

Tapi, kadang-kadang banyak anak perempuan yang enggan memakai jilbab lantaran merasa gerah. Selain itu, beberapa anak mungkin akan merasa malu lantaran merasa berbeda dengan teman-teman di sekitarnya. Dalam hal ini, orang tua perlu memberikan perhatian lebih agar sang anak mau berjilbab.

Tak perlu dipaksakan, sebenarnya ada cara mudah untuk membuat anak-anak terbiasa memakai jilbab. Mau tahu caranya? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari laman Islamicinsight, Selasa (7/2/2017), berikut ini:

Memberi contoh

Anak-anak dalam usia pertumbuhan cenderung meniru perilaku orang tuanya. Oleh sebab itu, jika ingin sang buah hati terbiasa memakai jilbab sejak kecil, maka berikanlah contoh kepadanya. Seperti mengenakan jilbab dan busana muslim setiap bertemu tamu dan pergi keluar rumah. Cara ini lama kelamaan akan membuat si anak meniru perilaku ibunya.

Memilih bahan busana muslim yang nyaman

Jika si buah hati telah tertarik mengenakan jilbab, biasanya ia akan memakai jilbab milik Anda. Jilbab Anda yang besar dan berat tentu membuat si buah hati merasa tak nyaman. Oleh sebab itu, sediakanlah jilbab khusus untuknya. Pilih jilbab dari bahan kaus atau kain katun yang bisa menyerap keringat. Sebab, anak-anak cenderung lebih aktif bergerak dan menghasilkan banyak keringat. Sesekali, ajaklah ia keluar rumah memakai jilbab tersebut untuk pembiasaan diri.

Memilih model busana muslim yang unik

Setelah sang buah hati mau mengenakan jilbab, maka berikanlah ia setelan baju muslim dengan model unik. Berikanlah busana muslim dengan warna atau gambar favoritnya. Biasanya, para pedagang baju muslim menjual busana khusus dengan gambar dan corak tertentu yang disukai anak-anak. Jika busana itu sesuai dengan apa yang dia suka, maka ia tentu akan memakainya tanpa perlu diminta.

Berikan pujian

Memberi pujian merupakan hal penting dalam mengajarkan anak untuk memakai jilbab. Sebab, tak dapat dipungkiri anak-anak sangat menyukai pujian. Berikanlah pujian secara berkala untuk mengapresiasi usahanya memakai jilbab.

Berikan pengarahan

Selain memberi pujian, Anda juga harus memberi penjelasan tentang pentingnya seorang wanita mengenakan jilbab. Sebab, biasanya anak-anak cenderung lebih banyak bertanya tentang hal yang baru diketahuinya. Berikan arahan tentang pentingnya memakai jilbab secara berkala sejak dini. Sesuatu yang diajarkan sejak dini akan membekas dalam ingatan seorang anak sampai ia dewasa.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak memakai jilbab sejak dini. Anda tentu membutuhkan berbagai produk fashion guna membiasakan si buah hati menutup auratnya. Jangan khawatir, semua produk fashion muslim anak bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs jual beli online Tokopedia. Tunggu apalagi, rasakan pengalaman belanja baju muslim online yang aman, mudah, dan cepat #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.