Tips Kesehatan: Ini Yang Terjadi Pada Mata Saat Baca di Tempat Redup

Ilustrasi membaca di tempat gelap (Bbc.co.uk)
12 April 2018 22:20 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang digemari banyak orang. Selain menghilangkan kebosanan, membaca juga membuat fungsi otak lebih maksimal. Itulah sebabnya membaca merupakan salah satu aktivitas yang diperkenalkan orang tua kepada anak sejak kecil.

Saking senangnya, beberapa anak sering membaca buku di tempat yang kurang cahaya sebelum tidur. Selama ini, para orang tua melarang anak mereka melakukan hal ini karena dianggap merusak mata. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar.

Dikutip Solopos.com dari BBC, Minggu (10/12/2017), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal mengungkap bahwa membaca di ruangan yang tidak terlalu terang menyebabkan ketegangan otot mata. Saat seseorang berada di tempat yang bercahaya redup, maka mata akan menyesuaikan dengan berbagai cara.

Pertama, retina mata akan memproduksi zat kimia yang lebih sensitif terhadap cahaya. Kedua, otot selaput pelangi menjadi rileks. Hal ini memungkinkan mata mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin, sehingga sel-sel saraf retina bisa beradaptasi dengan cahaya rendah.

Membaca di tempat dengan cahaya redup akan membuat Anda sulit fokus. Hal ini membuat mata harus bekerja keras agar objek yang dilihat menjadi lebih jelas. Jika mata bekerja keras dalam waktu lama, maka ototnya akan cepat lelah. Kondisi ini mengakibatkan beberapa efek negatif, seperti mata terasa perih dan gatal, sakit kepala, serta nyeri leher.

Selain itu, terkadang seseorang harus sering berkedip agar objek yang dilihat lebih fokus. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, bukan tak mungkin seseorang mengalami rabun jauh dan membutuhkan bantuan kacamata agar bisa melihat dengan jelas.

Oleh sebab itu, perhatikan tempat belajar sang buah hati. Pastikan si kecil belajar di ruangan yang terang. Jangan biarkan anak Anda belajar sambil berbaring. Berikan dia meja khusus untuk belajar. Pasang lampu meja belajar yang terang agar dia lebih nyaman.

Pastikan juga semua ruangan di rumah Anda memiliki lampu yang terang. Jika perlu, pasanglah lampu emergency. Lampu jenis ini akan tetap menyala dalam batas waktu tertentu saat listrik mati. Jika belum punya, segeralah beli lampu emergency 35 LED kualitas terbaik.

Tak perlu repot mendatangi toko alat-alat listrik. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis lampu emergency di beragam  toko online terbaik se-Indonesia, yang ada di Tokopedia. Situs jual beli online yang satu ini menyediakan beragam jenis barang yang Anda butuhkan dengan harga terbaik.