Trik Jitu Setrika Baju Katun Anti-Kusut

Ilustrasi menyetrika baju (Mensfitness.com)
14 April 2018 05:20 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Menyetrika dan melipat pakaian merupakan pekerjaan sehari-hari yang terbilang mudah. Meski dianggap remeh, nyatanya masih banyak orang yang kewalahan mengerjakan hal itu. Pasalnya, setiap pakaian memiliki perawatan yang berbeda.

Jika tidak hati-hati, Anda bisa saja merusak pakaian lantaran melakukan tindakan yang salah saat menyetrika. Pakaian berbahan katun merupakan salah satu yang paling banyak dimiliki. Meski terlihat mudah, Anda tidak boleh memperlakukannya secara sembarangan. Alih-alih rapi, baju justru bisa kusut, mengerut, bahkan warnanya pudar.

Lantas, bagaimana cara menyetrika baju berbahan katun yang tepat? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Hacker, Jumat (20/10/2017), di bawah ini:

Atur suhu setrika

Suhu panas setrika menentukan hasil kerapian pakaian. Tak perlu terlalu panas, Anda bisa membuat baju menjadi halus dengan suhu sedang pada setrika. Jika pakaian mengeluarkan asap dan terlihat mengkilap, maka itu tandanya suhu panas setrika terlalu tinggi. Kalau sudah begitu, kurangi panas dengan memutar pengaturan suhu ke arah kiri.

Siapkan cairan pelicin

Jangan lupa menyiapkan cairan pelicin. Anda bisa memilih cairan yang mengandung pewangi atau menggunakan air biasa. Memercikkan air ke baju katun akan menjaga serat kain tetap kuat. Air berfungsi melembapkan serat kain yang membuatnya tidak terbakar saat terpapar suhu panas dari setrika. Selain itu, air juga membantu mempercepat proses menyetrika. Sebab, pakaian akan lebih cepat halus saat disetrika dalam keadaan lembap.

Siapkan kain penutup

Bukan hanya alas, Anda juga harus menyiapkan kain penutup. Pasalnya, baju dari bahan katun akan cepat rusak jika terpapar suhu panas setrika yang tinggi secara langsung. Oleh sebab itu, lapisilah baju yang hendak disetrika dengan kain khusus. Ada baiknya kain penutup berada dalam keadaan lembap agar bisa meyerap panas dengan baik. Cara ini akan membuat pakaian lebih rapi.

Gosok sesuai arah serat kain

Perhatikan arah serat kain pada pakaian Anda. Pakaian berbahan katun memiliki serat alami yang tidak boleh diperlakukan sembarangan. Pastikan Anda menyetrika baju sesuai dengan arah serat kain agar tetap awet dan tahan lama. Ingat, jangan pernah mengenakan busana berbahan katun tanpa disetrika. Sebab, baju berbahan katun cepat kusut sehingga akan merusak penampilan jika tidak disetrika.

Nah, Anda juga tidak boleh sembarangan memakai setrika. Hindari pemakaian setrika yang bodinya didominasi plastik. Perhatikan pula kabel pada setrika itu. Jangan pernah memakai setrika yang kabelnya melintir, lantaran bisa menyebabkan korsleting. Jika sudah seperti itu, tandanya Anda harus segera mengganti setrika.

Tak perlu mahal, Anda bisa beli setrika murah dengan mudah dan cepat di Tokopedia. Selain setrika, Anda juga bisa cari sprei dan bed cover model kekinian untuk mempercantik kamar. Ingat, beli ini itu online #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.

 

Tokopedia