Tips Kesehatan: 5 Kebiasaan Sehat Ini Tidak Baik Dilakukan Setiap Hari

Ilustrasi keramas (Boldsky.com)
18 April 2018 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kalimat ini sering sekali diucapkan untuk memotivasi orang menjaga kebersihan, baik jasmani, rohani, maupun lingkungan. Bayangkan saja bagaimana rasanya jika seseorang hidup dalam lingkungan yang kotor. Tidak nyaman bukan?

Itulah sebabnya ada berbagai hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan. Salah satu yang wajib dijaga adalah kebersihan jasmani. Misalnya saja, Anda tidak mandi selama sehari penuh, bagaimana rasanya? Tubuh pasti akan terasa lengket karena keringat dan debu yang menempel. Selain itu, keringat juga memicu munculnya bau badan tak sedap.

Malas mandi akan menyebabkan berbagai masalahh kulit lainnya. Mulai dari gatal, biang keringat, hingga infeksi. Jadi, Anda dianjurkan untuk mandi minimal dua kali dalam sehari secata rutin. Meski sangat bermanfaat, ada beberapa kebiasaan bersih yang sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Apa saja? Simak informasi lengkapnya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Selasa (17/4/2018) di bawah ini:

Mandi busa

Berendam di bak mandi yang dipenuhi busa setelah seharian menjalani aktivitas di luar ruangan tentu sangat menyegarkan. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini setiap hari karena akan membuat kulit menjadi kering. Pasalnya, sabun yang menghasilkan busa berlimpah mengandung bahan kimia berbahaya bagi kulit.

Mandi air panas

Mandi air panas di malam hari setelah seharian bekerja juga terasa sangat menyegarkan. Air panas memang cukup ampuh meluruhkan penat. Tapi, jangan melakukannya setiap hari karena berbahaya bai kulit. Air panas akan menghilangkan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit. Alhasil, kulit akan menjadi kering bahkan muncul ruam-ruam.

Keramas

Keramas merupakan cara terbaik membersihkan rambut. Tapi, sebaiknya jangan lakukan hal ini setiap hari karena akan membuat rambut kering. Anda boleh keramas setiap hari saat musim panas atau melakukan olahraga setiap hari. Sebab, cuaca panas dan keringat yang dihasilkan saat berolahraga memang membuat rambut lepek. Jika tidak dibersihkan akan memicu munculnya ketombe.

Pakai cotton bud

Membersihkan telinga dengan cotton bud sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Alat berukuran kecil ini diyakini mampu menghilangkan cairan lilin berwarna kuning di dalam telinga. Namun, cara ini ternyata sangat berbahaya, karena justru mendorong kotoran semakin masuk ke telinga. Sebaiknya, bersihkan telinga dengan cara mengusap bagian luarnya saja dengan kapas.

Pakai hand sanitizer

Kebanyakan orang memakai hand sanitizer karena dianggap praktis dan cukup ampuh membersihkan kotoran di tangan. Cairan ini bisanya dipakai untuk membersihkan tangan dari kuman saat seseorang bepergian. Setelah dirasa bersih, tak jarang Anda akan langsung makan dengan tangan yang telah dibasuh dengan hand sanitizer. Padahal, kebiasaan ini justru berbahaya. Terlalu sering menggunakan cairan ini justru menyebabkan resistensi bakteri. Selain itu, cairan ini juga memicu ketidakseimbangan hormon saat masuk ke dalam tubuh lewat mulut.