Hentikan! Ini 5 Dampak Negatif Konsumsi Pemanis Buatan

Ilustrasi minuman berpemanis buatan (Pictagram)
27 April 2018 06:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Pemanis buatan adalah salah satu bahan tambahan pangan yang umum dipakai. Setidaknya ada empat jenis pemanis buatan yang populer, yakni aspartam, sakarin, siklamat, dan stevia. Pemanis buatan ini biasa dikonsumsi pelaku diet karena diklaim tidak mengandung kalori yang menambah bobot tubuh.

Memang benar, pemanis buatan tidak mengandung kalori. Oleh sebab itu, bahan ini biasa ditambahkan dalam makanan dan minuman diet. Tapi, tahukah Anda jika mengganti gula dengan pemanis buatan berbahaya bagi tubuh? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (26/4/2018), di bawah ini:

Memicu kanker

Hasil penelitian yang dilakukan di Medical College of Wisconsin, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mengonsumsi pemanis buatan memicu kanker. Sebab, rasa manis yang dihasilkan dari bahan ini ratusan kali lebih tinggi dibandingkan gula tebu maupun gula aren murni. Selain kanker, konsumsi pemanis buatan yang berlebihan juga memicu sejumlah penyakit kronis, seperti ginjal dan diabetes tipe dua.

Menyebabkan depresi

Mengonsumsi pemanis buatan dalam jumlah berlebih juga dapat menyebabkan depresi, salah satunya bipolar. Guna menghindari kondisi ini, Anda harus mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi pemanis buatan.

Mengganggu Kehamilan

Konsumsi pemanis buatan ternyata juga mengganggu kehamilan. Bahan tambahan pangan ini dapat memengaruhi perkembangan janin. Bahkan, sejumlah hasil penelitian menyebutkan mengonsumsi pemanis buatan bisa membuat bayi lahir prematur.

Mengganggu pertumbuhan anak

Pemanis buatan merupakan bahan tambahan yang biasa dibubuhkan dalam makanan kesukaaan anak-anak. Oleh sebab itu, Anda wajib memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi si buah hati. Sebisa mungkin hindari makanan berpemanis buatan yang akan mengganggu pertumbuhan dan menyebabkan si kecil obesitas.

Mengganggu metabolisme

Proses metabolisme tubuh akan terganggu jika Anda sering mengonsumsi makanan berpemanis buatan. Makanan dan minuman berpemanis buatan ini akan merusak kemampuan tubuh dalam menghasilkan energi.

Itulah beberapa dampak negatif yang timbul akibat mengonsumsi pemanis buatan. Jadi, mulai sekarang mulai hindari atau hentikan kebiasaan mengonsumsi pemanis buatan. Lebih baik Anda membatasi konsumsi gula daripada menggantinya dengan pemanis buatan jenis apapun.