Tips Menulis Konten untuk Menarik Minat Pembaca

Ilustrasi menggunakan laptop (freeimages.com)
28 April 2018 09:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bagi Anda penulis konten, tuntutan menulis berbagai tulisan sudah menjadi makanan sehari-hari. Hal itu membutuhkan disiplin tinggi dan ketekunan agar tulisan yang dihasilkan tetap berkualitas. Tips karier kali ini cocok bagi para penulis konten yang merasa bosan dengan rutinitas mencari ide tulisan.

Seiring berjalannya waktu, rutinitas menulis pasti menimbulkan kejenuhan. Momen-momen jenuh menulis dianggap salah satu musuh terbesar para penulis, terutama penulis konten yang terikat tenggat waktu yang padat. Hal ini bisa berdampak mengurangi kualitas hasil tulisan.

Saat merasa jenuh, ide tulisan bisa menjadi tak begitu menarik. Tulisan tak bisa fokus, hingga banyak salah ketik. Untuk mengantisipasi hal ini, setiap penulis konetn harus mempunyai landasan untuk kembali ke jalur yang tepat.

Dikutip Solopos.com dari Openvine.com, Jumat (27/4/2018) inilah tips karier bagi para penulis konten berupa lima langkah praktis untuk memperbaiki kualitas tulisan di web:

1. Pilih tema yang relevan
Usahakan membuat tulisan yang relevan dengan tema laman atau kanal di setiap laman. Warganet yang mencari tema tertentu ingin mendapat informasi yang relevan dengan apa yang mereka cari. Tema tulisan yang melenceng dari tema laman akan membuat pembaca antipati dengan sebuah laman.

2. Buat artikel singkat jelas padat
Warganet cenderung membaca dengan cara cepat. Tulisan yang terlalu panjang akan membuat pembaca bosan dan tak sampai ke inti artikel. Oleh karena itu usahakan menulis artikel dengan singkat, padat, dan jelas.

3. Berpegang pada satu topik
Saat menulis artikel usahakan angkat satu topik pilihan. Jangan menggabungkan satu topik khusus dengan topik lainnya karena hal itu akan membuat pembaca sulit memahami. Informasi yang terlalu banyak akan membuat pembaca susah mencerna seluruh isi artikel.

4. Aplikasikan Piramida Terbalik
Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia jurnalistik atau penulisan konten, pastilah pernah mendengar istilah piramida terbalik. Hal ini berarti setiap tulisan menempatkan informasi terpenting di awal, detail-detail penting di tengah tulisan, dan informasi tambahan di akhir tulisan.

5. Menulislah untuk pembaca
Bagi Anda penulis konten pastinya ada tuntutan agar tulisan tersebut ramah Search Engine Optimization (SEO). Namun hal itu bukan berarti tulisan akan dipenuhi kata kunci pilihan, tautan, hingga teknik SEO lainnya. Tak terlepas dari SEO, tulisan harus enak dibaca. Pastikan kata sambung yang digunakan tepat dan isi tiap paragraf saling mendukung. Kalau memungkinkan buat nada tulisan seperti mengajak bicara pembaca.