Cokelat Hitam Bikin Mata Tajam? Ini Efeknya

Ilustrasi cokelat hitam (Pixabay)
30 April 2018 05:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Cokelat hitam menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang kerap memiliki masalah dengan penglihatan, mengonsumsi cokelat hitam mungkin bisa membantu mengatasi masalah. Tips kesehatan kali ini tentang efek cokelat hitam bagi ketajaman penglihatan mata.

Dalam jurnal Jama Ophthalmology yang terbit Kamis (26/4/2018) dimuat riset terbaru yang mengungkap efek mengonsumsi cokelat hitam. Dilansir Psychology Today, Sabtu (26/4/2018), Dr. Jeff Rabin bersama timnya melakukan riset dengan mengikutsertakan 30 orang. Partisipan terdiri dari 9 laki-laki dan 21 perempuan. Rata-rata usia partisipan adalah 26 tahun. Penelitian dilakukan di Sekolah Optometry di Rosenberg, San Antonio, Texas, Amerika Serikat pada 25 Juni 2017 hingga 15 Agustus 2017.

Partisipan diminta mengonsumsi cokelat hitam 72%. Setelah itu didapati partisipan merasa penglihatan menjadi lebih tajam dibanding saat mengonsumsi cokelat susu. Menurut hipotesa Jeff dan timnya, perubahan ketajaman penglihatan ini disebabkan kandungan flavonoid di cokelat hitam delapan kali lebih banyak daripada cokelat susu.

Flavonoid memicu peningkatan peredaran darah di retina dan memperlancar peredaran darah di otak. Dua hal tersebut dianggap memicu peningkatan ketajaman penglihatan di antara partisipan. Dalam jurnalnya, Jeff juga mengingatkan pembaca mengenai manfaat lain cokelat hitam.

Cokelat hitam mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Cokelat hitam juga mampu memperbaiki mood. Untuk masalah syaraf, cokelat hitam mampu meningkatkan kesehatan syaraf sehingga bisa menekan gejala alzheimer.

Meski demikian, Jeff dan timnya belum bisa memberi informasi menyeluruh mengenai berapa lama efek cokelat hitam terhadap peningkatan penglihatan seseorang.