4 Masker Bahan Alami untuk Si Wajah Berminyak

Ilustrasi perawatan kulit wajah (Boldsky.com)
08 Mei 2018 19:15 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Musim panas menuntut perawatan khusus bagi kulit, khususnya yang cenderung berminyak. Saat musim panas tiba, Anda harus memberikan perhatian ekstra untuk menjaga kesehatan kulit wajah, apalagi yang berminyak. Sebab, kulit berminyak sangat mudah teriritasi.

Jika Anda terbiasa memakai kosmetik kimia untuk merawat kulit wajah, sebaiknya mulai sekarang batasilah. Kandungan bahan kimia di dalam kosmetik membuat kulit wajah kering. Jadi, sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami. Salah satu cara tepat merawat kulit wajah berminyak di musim panas adalah dengan memakai masker berbahan alami.

Tokopedia

Mau tahu, resep masker alami yang cocok diterapkan di wajah berminyak? Simak ulasan yang dihimpun dari Boldsky, Senin (7/5/2018), di bawah ini:

1. Masker kunyit

Manfaat kunyit untuk kecantikan sudah sangat populer. Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung sifat antibakteri. Jadi, bahan ini akan sangat membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah. Anda bisa membuat masker ini dari campuran kunyit dengan tepung beras. Tepung beras membuka pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Campurkan satu sendok makan tepung beras, satu sendok teh bubuk kunyit, dan satu sendok teh madu. Campurkan ketiga bahan itu kemudian oleskan ke wajah dan tunggu selama 20 menit sampai mengering. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

2. Masker telur

Campurkan satu sendok makan tepung terigu dengan putih telur dan satu sendok makan madu. Oleskan masker ke wajah selama 30 menit sampai mengering. Bersihkan masker yang menempel dengan menggosok wajah, kemudian bilas dengan air bersih.

Masker dari putih telur ini membantu mencerahkan wajah akibat produksi minyak berlebih. Tepung terigu berperan sebagai eksfolian yang mengangkat sel kulit mati. Sementara putih telur mengandung vitamin A yang berperan mencerahkan dan mengencangkan kulit.

3. Masker tomat

Tomat mengandung antioksidan yang menekan produksi minyak. Vitamin A yang terkandung di dalam tomat juga membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit. Cara membuat masker tomat juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan satu buah tomat, kemudian dicampur dengan satu sendok teh madu. Oleskan masker ini ke wajah dan diamkan sampai kering selama 20 menit.

4. Masker lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki segudang khasiat untuk merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan. Cara membuat masker lemon ini sangat mudah. Anda bisa mencampurkan dua sendok makan oatmeal dengan air perasan jeruk lemon dan madu. Oleskan masker tersebut ke wajah sampai setengah kering. Setelah itu, gosok lembut wajah Anda untuk mengangkat sel kulit mati. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan menggunakan masker berbahan alami itu minimal sekali dalam sepekan untuk menutrisi kulit wajah. Dengan demikian, kulit wajah akan menjadi kencang, mulus, dan bercahaya. Selamat mencoba.