Cara Tepat Buka Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

Aneka takjil (Pictagram)
17 Mei 2018 16:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Setelah menahan lapar dan dahaga sekitar 14 jam saat berpuasa, Anda tentu ingin berbuka dengan berbagai makanan lezat bukan? Menjelang buka puasa, banyak pedagang menjajakkan makanan lezat yang membuat seseorang tergoda. Jika tidak pintar memilih, bisa jadi Anda memborong berbagai makanan yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kantong.

Selain tidak sehat, kebiasaan memborong takjil membuat pengeluaran bertambah. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus cermat dalam memilih takjil. Biasanya, makanan manis menjadi andalan untuk membatalkan puasa. Tapi, jangan sampai semua makanan manis masuk ke perut karena akan membuat tubuh langsung terasa lemas. Mengapa demikian?

Dihimpun Solopos.com dari Life Strong, Kamis (17/5/2018), saat berpuasa kinerja organ pencernaan akan menurun. Selain itu, kadar gula di dalam darah juga ikut menurun. Saat Anda mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebih, gula dalam darah akan naik drastis. Peningkatan gula darah secara tiba-tiba itulah yang membuat tubuh terasa lemas. Lantas, makanan apa yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa dan bagaimana tahapannya? Simak ulasan di bawah ini:

Awali dengan minum

Langkah pertama yang tepat untuk membatalkan puasa adalah minum. Anda bisa meminum air putih hangat maupun dingin untuk membatalkan puasa. Tapi, jika suka yang berasa manis, Anda bisa meneguk segelas teh hangat atau ditambahkan es agar terasa segar.

Makan camilan

Setelah minum, makanlah camilan apapun, baik kurma, gorengan, maupun kue manis lainnya. Tapi, ingat jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi gorengan maupun kue lain karena akan membuat perut terasa sesak.

Makan porsi kecil

Setelah selesai mengonsumsi camilan dan menunaikan salat maghrib, tiba saatnya untuk makan berat. Anda boleh langsung makan nasi dengan lauk pauk serta sayur, atau sekadar makanan ringan seperti bubur sumsum atau bubur kacang hijau. Anda harus memperhatikan porsi makanan yang disantap. Jangan sampai terlalu kenyang dan membuat Anda malas menunaikan salat isya dan tarawih.

Makan buah

Jangan lupa makan buah segar. Anda bisa mengonsumsi buah baik di saat buka sebagai pengganti gorengan, atau setelah salat isya dan tarawih. Nutrisi dari buah segar membantu menyeimbangkan hormon dan menjaga kebugaran tubuh.

Nah, itulah tahapan buka puasa yang baik agar tubuh tidak terasa lemas. Pastikan Anda menjalankan pola makan yang tepat agar tidak mengganggu jalannya puasa. Selamat berpuasa.