Catat! Ini Waktu Tepat Olahraga Saat Puasa

Ilutrasi joging (Youtube)
18 Mei 2018 02:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bulan Ramadan telah tiba. Setiap umat Islam diwajibkan berpuasa. Puasa adalah menahan dari makan dan minum serta hal lain yang membatalkannya sesuai dengan ketentuan. Ketika berpuasa, biasanya badan akan merasa lemas sehingga seseorang memilih membatasi aktivitas, khususnya olahraga. Bahkan, mungkin saja seseorang sama sekali tidak berolahraga karena takut kehabisan energi.

Padahal, kenyataannya anggapan tersebut salah kaprah. Anda tetap bisa berolahraga meski sedang berpuasa. Hal itu sesuai dengan berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan yang sehat tetap bisa berolahraga berat selama 72 jam berpuasa. Bahkan olahraga level sedang dapat dilakukan lebih lama. Meski demikian, olahraga saat berpuasa sebaiknya dibatasi untuk menghindari dehidrasi. Lalu, kapan waktu paling tepat untuk berolahraga saat menjalankan puasa?

Tokopedia

Dihimpun Solopos.com dari Life Strong, Kamis (17/5/2018), salah satu waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa adalah setelah sahur atau salat subuh. Saat itu, tubuh masih dalam keadaan bugar dan bisa melakukan berbagai jenis kegiatan. Tidak perlu terlalu berat, Anda cukup melakukan peregangan dengan joging atau sekadar sit up dan push up selama 15 menit.

Udara di pagi hari yang masih segar juga sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika di pagi hari masih mengantuk, Anda bisa melakukan olahraga satu jam sebelum berbuka puasa. Cukup lakukan yoga atau joging dalam waktu 15 menit. Jangan terlalu memaksakan diri karena saat itu kadar gula dalam darah sudah menurun drastis. Pastikan kondisi tubuh fit agar tidak timbul masalah lain.

Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasan malas berolahraga. Justru olahraga saat berpuasa bisa membantu menjaga kebugaran sekaligus menurunkan bobot tubuh. Anda juga tetap bisa beraktivitas normal tanpa merasa kelelahan jika rutin berolahraga dan diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi.