5 Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Ilustrasi minuman bersoda (Pictagram)
18 Mei 2018 16:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Kondisi perut kosong saat berpuasa membuat semua makanan terlihat menarik dan menggugah selera. Namun, ternyata tidak semua makanan cocok dimakan saat perut kosong setelah menahan lapar selama beberapa jam.

Ada beberapa makanan yang justru membuat kondisi tubuh memburuk setelah dikonsumsi saat perut kosong. Apalagi ketika berpuasa seharian penuh. Perut bisa sangat sensitif terhadap makanan atau minuman pertama yang masuk ke dalam tubuh. Alih-alih kenyang, perut bisa saja terasa kembung dan tidak nyaman. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Nah, mau tahu apa saja makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Jumat (18/5/2018), di bawah ini:

Minuman bersoda

Meneguk minuman bersoda yang ditambahkan es saat berbuka puasa memang menyegarkan. Minuman itu tampaknya bisa menghilangkan dahaga dalam sekali teguk. Tapi, ternyata minuman bersoda kurang baik diminum saat perut kosong. Minuman ini memiliki kandungan asam karbonat yang sangat tinggi. Jika diminum saat perut kosong, asam karbonat bakal bercampur dengan asam lambung yang membuat kontraksi pada perut.

Makanan masam

Hindari segala jenis makanan maupun minuman masam saat berbuka puasa. Kandungan asam pada makanan tersebut bakal meningkatkan asam lambung yang membuat perut terasa melilit.

Manisan

Mengonsumsi makanan manis saat lapar memang akan membuat perut terasa kenyang. Namun, mengonsumsi makanan manis saat perut kosong malah meningkatkan kadar gula darah. Gula merupakan salah satu zat yang sangat mudah diserap tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, gula yang semestinya dibakar menjadi energi justru bertumpuk di dalam tubuh. Alhasil, tubuh akan terasa lemas setelah mengonsumsi makanan manis.

Minuman berkafein

Menikmati kopi atau minuman berkafein saat perut kosong bisa menyebabkan kembung. Hal ini terjadi karena kafein yang bercampur dengan zat asam berubah menjadi gas di dalam lambung. Minuman ini sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, khususnya bagi penderita sakit mag.

Gorengan

Makan gorengan saat berbuka puasa menjadi ciri khas bagi orang Indonesia. Camilan yang satu ini digemari karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Tapi, batasi konsumsi gorengan saat berbuka agar gula darah tidak meningkat drastis. Selain itu, gorengan tinggi kalori yang akan bertumpuk menjadi lemak di dalam tubuh.