3 Cara Ampuh Usir Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi bau mulut (Pictagram)
20 Mei 2018 00:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Bau mulut merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi saat menjalankan ibadah puasa. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama bau mulut tak sedap. Selain itu, kondisi gigi juga sangat memengaruhi bau mulut. Jika gigi Anda berlubang, bisa jadi bau mulut akan semaki menyengat.

Bau mulut tak sedap itu bisa diusir dengan sejumlah cara. Seorang ahli kesehatan mulut di California, Amerika Serikat, Harold Katz, menjelaskan beberapa hal yang ampuh mengusir bau mulu tak sedap saat puasa. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Huffigton Post, Sabtu (19/5/2018), di bawah ini:

Gosok gigi

Rajin gosik gigi adalah kunci utama mengusir bau mulut. Anda mungkin kerap mendapati sisa makanan bersarang di gigi setelah selesai mengonsumsi makanan tertentu. Jadi, sebaiknya gosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Saat puasa, waktu terbaik menggosok gigi adalah setelah makan sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur. Selebihnya, Anda bisa berkumur menggunakan mouth wash untuk menjaga kebersihan dan kesegaran mulut.

Minum air putih

Minum air putih dapat membantu membersihkan sisa makanan di dalam mulut yang mungkin tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut menyebabkan timbulnya bakteri dalam mulut. Bakteri inilah yang menyebabkan timbulnya bau mulut. Selain itu, minum air putih juga bermanfaat untuk mencerahkan warna gigi. Air mengandung florida yang bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Hindari makanan manis dan bertepung

Makanan yang mengandung banyak gula sebaiknya dihindari. Gula akan berinteraksi dengan bakteri dalam mulut yang berpotensi menimbulkan asam. Zat asam inilah yang merusak gigi sehingga timbul lubang sarang bakteri penyebab bau mulut.

Sementara makanan bertepung juga menyebabkan hal yang sama dengan makanan manis. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan. Cek secara berkala kondisi gigi Anda. Ingat gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut, karena banyak kuman dan bakteri yang bersarang pada bagian gigi berlubang itu.

 

Tokopedia