Resep Menu Sahur Lezat, Sehat, dan Gampang Diolah

Orak/arik telur (Pictagram)
24 Mei 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Sahur merupakan amalan yang sangat dianjurkan saat seseorang hendak berpuasa. Sayang, banyak orang yang melewatkan sahur karena berbagai alasan, mulai dari mengantuk dan malasa. Padahal, sahur memiliki banyak manfaat, utamanya memberikan energi pada tubuh untuk menjalankan puasa seharian.

Tidak selera makan menjadi alasan yang paling sering membuat seseorang malah sahur. Padahal. Sahur punya peran penting menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Guna mengatasinya, makanlah makanan yang lezat saat sahur. Tapi, biasanya kebanyakan orang khususnya kaum ibu malas memasak saat sahur dan memilih membeli atau memanaskan makanan kembali.

Jangan salah, memasak makanan lezat dan sehat bisa menjadi hal yang mudah dan cepat jika Anda tahu caranya. Mau tahu makanan lezat, sehat, dan cepat apa saja yang cocok diolah untuk santap sahur? Simak sajian khusus Solopos.com, Selasa (23/5/2018), di bawah ini:

Orak-arik telur sayur

Orak-arik telur dan sayur sangat cocok dimakan saat sahur. Kandungan gizi dalam telur dan sayuran sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahan masakan ini mudah didapat dan bisa diolah hanya dalam hitungan menit.

Adapun bahan yang perlu disiapkan adalah wortel parut, irisan kol, dua butir telur, seperempat siung bawang bombay cincang, satu siung bawang putih (digeprek), garam, gula, merica bubuk, dan margarin untuk menumis.

Pertama, tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin sampai harum. Selanjutnya, masukkan wortel dan kol, tumis hingga layu. Masukkan telur yang telah dikocok lepas, kemudian aduk perlahan sampai matang. Terakhir, bubuhkan seperempat sendok teh garam, sejumput merica bubuk, dan sejumput gula pasir. Aduk sampai rata dan bumbu meresap. Sajikan selagi hangat.

Cah sayur

Bagi yang suka makan sayur, ada baiknya Anda mengolah cah sayuran untuk santap sahur. Serat dalam sayuran sangat dibutuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan. Anda bisa mengolah berbagai macam sayuran, mulai dari bayam, kangkung, brokoli, dan wortel.

Cah brokoli (Pictagram)

Bumbu yang diperlukan sangat sederhana, yakni bawang putih geprek, garam, gula pasir, dan air. Misalnya, geprek satu siung bawang putih, kemudian tumis dengan minyak sampai wangi. Selanjutnya, masukkan sayuran yang diinginkan, tambahkan sedikit air, garam, dan gula pasir, tunggu hingga matang. Angkat dan sajikan selagi panas.

Paklay

Olahan sayuran yang satu ini juga sangat cocok disantap saat sahur. Anda bisa mengolah paklay dengan mudah tanpa menghabiskan waktu. Bahan yang dibutuhkan adalah irisan kol, tomat, wortel, sawi hijau, telur, daging ayam segar cincang, dua siung bawang putih geprek, merica bubuk, satu sampai dua sendok saus tomat, gula pasir, garam, dan minyak untuk menumis.

Paklay (Pictagram)

Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama, tumis bawang putih geprek hingga harum, kemudian masukkan semua irisan sayuran. Masukkan daging ayam cincang atau yang sudah dipotong dan tambahkan air. Masak hingga daging ayam matang, kemudian masukkan saus tomat, garam, merica, dan gula pasir. Aduk sampai bumbu meresap. Sajikan selagi hangat.

Omelet sayur

Bagi yang tak ingin repot bisa membuat omelet sayuran. Bahan yang dibutuhkan adalah parutan wortel, irisan kol, daun bawang, cabai (jika suka pedas), seperempat siung bawang bombai cincang, tiga butir telur, garam, merica bubuk, daging ayam cincang, dan minyak untuk menggoreng.

Omelet sayur (Pictagram)

Langkah pertama, pecahkan telur di dalam wadah, dan campurkan semua bahan menjadi satu, kemudian aduk rata. Panaskan wajan yang telah diberi sedikit minyak. Tuangkan adonan omelet ke dalam wajan dan tunggu sampai bagian bawah matang. Pastikan api kompor Anda tidak terlalu besar, karena akan membuat gosong. Setelah itu balik omelet dan tunggu hingga matang sempurna.