Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa Selama Ramadan

Ilustrasi berdoa (Pictagram)
26 Mei 2018 02:10 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Berdoa merupakan salah satu cara mendekatkan diri yang dilakukan seorang hamba kepada Tuhan. Saat bulan Ramadan tiba, hampir setiap muslim berlomba mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah dan doa. Sejumlah ulama berpendapat orang yang berpuasa sangat dekat dengan Tuhan sehingga doanya lebih mudah terkabul.

Adapun waktu terbaik memanjatkan doa adalah saat menjelang buka puasa. Nabi Muhammad dalam hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud bersabda, "orang yang berpuasa memiliki doa yang mustajab pada waktu berbuka."

Allah senantiasa mengabulkan doa hamba-Nya setiap kali diminta. Hal ini sesuai dengan firman-Nya yang tertulis dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 186. "Apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku. Maka, jawablah bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdia apabila dia memohon kepadaku."

Sejalan dengan ayat di atas, ahli tafsir Alquran populer di Indonesia, Quraish Shihab, menyarankan agar setiap muslim menunggu waktu berbuka puasa dengan berdoa dan zikir. "Salah satu waktu terkabulnya doa adalah saat menjelang buka puasa. Jadi, dianjurkan agar muslim menunggu azan maghrib dengan berdoa dan zikir, daripada melakukan aktivitas lain," katanya dalam talkshow Shihab&Shihab yang dinukil dari vlog Najwa Shihab, Jumat (25/5/2018).

Doa adalah permohonan bantuan kepada Allah untuk memperoleh sesuatu yang diharapkan. Tapi, doa harus disertai dengan usaha. "Berdoalah dengan tulus. Bahkan merengeklah sambil memenuhi hati dengan optimisme bahwa doa Anda dikabulkan oleh Allah. Tapi, Anda juga harus mengiringi doa dengan usaha. Bahkan Ali bin Abi Thalib pernah berkata, doa tanpa usaha seperti busur tanpa panah," terang Quraish Shihab.