Susu Kecoak Bakal Jadi Makanan Alternatif, Berani Coba?

Ilustrasi susu kecoak (Eat Innovation)
26 Mei 2018 03:45 WIB Chelin Indra Sushmita Lifestyle Share :

Solopos.com, SOLO – Susu kedelai, almond, kambing, dan sapi merupakan minuman yang biasa dikonsumsi. Seiring dengan perkembangan zaman, kini muncul varian susu lain yang memicu kontroversi, yakni dari kecoak. Walau terdengar menjijikkan, sejumlah peneliti mengklaim susu kecoak yang ekstrem memiliki manfaat lebih ketimbang hewan lain. Benarkah?

Ilmuwan dari Institute of Stem Cell Biology dan Regenarative Medicine, Banglore, India, menyatakan bahwa kecoak memiliki struktur kristal proteim susu yang baik. Kecoak, khususnya berjenis kumbang pasifik, merupakan satu-satunya jenis hewan vivipar yang memberi makan larva dengan kristal padat protein.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan, kristal susu kecoak tinggi kalori dan energi tiga kali lipat lebih banyak ketimbang susu sapi. Dalam Journal of International Union of Crystalligraphy, susu kecoak tersebut mengandung protein empat kali lebih banyak dari susu sapi. Selain itu, mereka juga menemukan kandungan asam amino dalam susu tersebut.

"Kristal protein pada kecoa pasifik memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan manusia. Ada protein, lemak, gula, serta asam amino spesial di dalamnya," ujar salah seorang peneliti, Leonard Chavas, seperti dilansir Oddity Central, Jumat (25/5/2018).

Nantinya, susu kecoak digadang-gadang menjadi makanan alternatif di masa depan. Namun, memerah kecoak tentu tidak bisa dilakukan. Tetapi, peneliti telah menemukan cara terbaik untuk mengonsumsi susu kecoak, yakni dibuat pil.

"Saat ini, kami sedang mencoba mengekstraksi susu kecoak. Kami akan menyulapnya menjadi pil yang mudah dikonsumsi," sambung Leonard Chavas.

Munculnya susu kecoak yang disebut sebagai super food ini bukanlah hal baru. Sekitar 12 tahun lalu sejumlah ilmuwan menemukan kristal protein susu di saluran pencernaan kecoak jenis Diplotera Puctata. Tapi, sampai saat ini ilmuwan masih melakukan penelitian untuk membuktikan manfaat dari susu kecoak. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?